Pemkab Lebak Siap Jadi Contoh Pengelolaan Sampah

Hal ini dilakukan usai LSDP. Apa itu?

Lebak, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Lebak menyatakan siap untuk menjadi daerah percontohan pengelolaan sampah di Indonesia ,seiring dengan suksesnya menjalankan pelaksanaan Agenda Kegiatan Local Service Delivery Improvement Project (LSDP).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lebak, Iwan Sutikno mengklaim, Lebak telah memenuhi kriteria untuk menjadi daerah percontohan pengelolaan sampah.

"Kembali lagi kesiapan daerah, persyaratan teknisnya yang harus dipenuhi," kata Iwan, Rabu (10/7/2024).

Menurut dia, Pemkab Lebak sudah menyampaikan hasil kebijakan strategis daerah (jakstrada) mengenai pengelolaan sampah dan sistem informasi pengelolaan sampah--sebagai kriteria dokumen yang harus dilengkapi.

"Kalau misalnya kabupaten kota yang lain belum masuk, ya sudah gugur, kalau seleksi mah," kata dia. 

1. Apa itu program LSDP?

Pemkab Lebak Siap Jadi Contoh Pengelolaan SampahIlustrasi pengelolaan sampah (Dok/KLHK)

Diketahui, program LSDP merupakan upaya untuk meningkatkan manajemen pengelolaan sampah di wilayah perkotaan, dari sisi tata kelola pemerintahan, dengan memperdayakan masyarakat.

"Nanti di 2025, kami akan mulai action-nya. Jadi masih tahap-tahap enam bulan lagi ke depan untuk persiapan-persiapan nya," katanya.

2. Pemprov Banten menyiapkan Rp20 miliar untuk Lahan TPSA Regional

Pemkab Lebak Siap Jadi Contoh Pengelolaan Sampahilustrasi TPA (IDNTimes/Dicky)

Sebelumnya, Lebak juga menjadi daerah yang dilirik untuk pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Regional Banten. Pemerintah Provinsi Banten telah menyiapkan anggaran Rp20 miliar untuk pembebasan lahan pembangunan proyek TPSA regional itu.

TPSA tersebut akan dibangun di Wilayah Desa Sindangmulya di Kecamatan Maja. Lokasi TPSA Regional Banten akan berdampingan dengan TPSA Dengung milik Pemerintah Kabupaten Lebak.

"Tahun depan kebutuhan perluasan TPSA Dengung total sekitar 37 hektare," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Banten, Arlan Marzan, Senin (4/12/2023).

3. Arlan sebut FS dan DPPT telah rampung tahun ini

Pemkab Lebak Siap Jadi Contoh Pengelolaan SampahIDN Times/Muhamad Iqbal

Pada tahun ini, kata Arlan, Pemerintah Provinsi Banten sedang merampungkan kajian kelayakan atau feasibility study dan dokumen perencanaan pengadaan tanah (DPPT).

"Kami kemarin sudah koordinasi dengan Pj Bupati Lebak dokumen yang sudah siap ada FS dan DPPT tahun depan kebutuhan perluasan (lahan)," katanya.

Baca Juga: Pemprov Banten Siapkan Rp20 Miliar untuk Lahan TPSA Regional

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya