Pemkot Tangerang Siapkan 52.475 Loker di Job Fair Kelurahan

Acara ini bakal diadakan roadshow di tiap kelurahan

Kota Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menggelar job fair di tingkat kelurahan maupun di tingkat kota. Ada 52.475 lowongan kerja dari 726 perusahaan di Kota Tangerang.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengimbau masyarakat untuk bisa memanfaatkan program penanganan pengangguran yang terus digencarkan oleh Pemkot Tangerang salah satunya program Job Fair bagi warga Kota Tangerang yang sedang mencari pekerjaan.

"Pak Lurah dan Pak Camat bekerja sama dengan RT RW setempat untuk mensosialisasikan kepada masyarakat kalau mereka butuh mencari pekerjaan tinggal datang ke Kelurahan sudah ada jadwalnya," kata Arief saat tinjauan Job Fair di Kelurahan Gondrong Kecamatan Cipondoh, dalam keterangan tertulis, Senin (20/12/2021)

Baca Juga: Antisipasi Omicron, Dinkes Kota Tangerang Siap Siagakan Seluruh Faskes

1. Arief harap warga manfaatkan program ini

Pemkot Tangerang Siapkan 52.475 Loker di Job Fair KelurahanIlustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Mudah-mudahan, kata Arief, masyarakat bisa mengakses dan memanfaatkan program ini dan terus meningkatkan kompetensi keahlian agar pemberi kerja bisa merekrut sesuai yang dibutuhkan.

Kata Arief, Pemkot Tangerang terus berupaya membantu warga secara komprehensif.

"Mulai dari memberikan pelatihan skill dengan membuka Balai Latihan Kerja di 104 Kelurahan, mendatangkan pemberi kerja seperti saat ini sampai dalam bentuk bantuan," kata dia.

Misalnya, imbuh Arief, program Tangerang Bisa bagi wirausaha dan Tangerang Emas bantuan pinjaman modal dengan bunga nol persen.

2. Pemkot Tangerang berkomitmem sejahterakan masyarakatnya

Pemkot Tangerang Siapkan 52.475 Loker di Job Fair KelurahanWali kota Tangerang, Arief Wismansyah melakukan pemantauan terhadap protokol kesehatan di fasilitas publik (Instagram.com/@ariefwismansyah)

Arief menerangkan bahwa Pemerintah Kota Tangerang telah dan terus berkomitmen dalam memfasilitasi warganya untuk mencapai kesejahteraan.

"Semoga dengan komitmen pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat terlebih dengan adanya kegiatan Job Fair ini bisa menjadi jalan keluar untuk mereka semua," kata Arief

Untuk informasi, tempat dan jadwal kamu yang sedang mencari pekerjaan bisa terus memantau akun resmi Pemkot Tangerang atau menanyakan langsung ke RT, RW hingga perangkat kelurahan tempatmu tinggal.

3. Tahun 2021, angka pengangguran Kota Tangerang naik

Pemkot Tangerang Siapkan 52.475 Loker di Job Fair KelurahanIlustrasi Pengangguran akibat terkena PHK (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tangerang mencatatkan tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Kota Tangerang tahun 2021 meningkat 0,44 persen dibanding tahun lalu.

"TPT 2021 sebesar 9,07 persen, naik 0,44 poin dari tahun 2020 yang sebesar 8,63 persen," kata Kepala BPS Kota Tangerang, Muladi Widastomo kepada IDN Times, Rabu (10/11/2021).

Meski begitu, kata Muladi, peningkatan jumlah TPT dari tahun 2020 ke tahun 2021 lebih sedikit dibanding peningkatan TPT dari tahun 2019 ke tahun 2020. Dari tahun 2019 ke tahun 2020, TPT mengalami peningkatan hingga 1,49 persen.

"Kenaikan 0,44 poin ini tidak sedalam TPT 2019-2020 yang sebesar 1,49 poin. Berarti, kita bisa berharap bahwa angkatan kerja Kota Tangerang mulai menunjukkan tren yang positif menuju arah pemulihan ekonomi," kata dia.

Baca Juga: Antisipasi Omicron, 1.019 Bed Pasien COVID-19 Kota Tangerang Disiapkan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya