Pemkot Tangerang Siapkan Aplikasi Smartphone untuk PPDB 2023

Orangtua tidak perlu mendaftar ke sekolah

Kota Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kota Tangerang menyiapkan website dan aplikasi smartphone untuk program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara daring. Nantinya, aplikasi ini tersedia untuk perangkat Android maupun iOS. 

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangerang Indri Astuti mengatakan, upaya ini merupakan salah satu bentuk dukungan agar PPDB online berjalan lancar. 

"Dengan adanya aplikasi ini, para orangtua calon peserta didik tidak perlu lagi datang ke sekolah untuk melakukan pendaftaran karena semua sudah dilakukan secara online,” kata Kepala Diskominfo Indri Astuti, Rabu (7/6/2023).

Baca Juga: PPDB SMA/SMK Negeri di Banten Segera Dibuka, Catat Waktunya  

1. Ini nama aplikasinya

Pemkot Tangerang Siapkan Aplikasi Smartphone untuk PPDB 2023Aplikasi PPDB Kota Tangerang (Dok. Pemkot Tangerang)

Indri mengatakan, website Pra-PPDB dapat diakses melalui laman prappdb.tangerangkota.go.id. Sedangkan, untuk informasi resmi terkait PPDB dapat diakses melalui laman ppdb.tangerangkota.go.id.

Untuk pendaftaran PPDB Mandiri dan daftar ulang dapat diakses melalui laman ppdbmandiri.tangerangkota.go.id.

“Untuk aplikasi berbasis Android dapat diunduh di Play Store atau melalui s.id/ppdbmandiriandro dan iOS dapat diunduh di App Store atau melalui s.id/ppdbmandiriios ,” kata Indri.

2. PPDB SD di Kota Tangerang dibuka 12 Juni mendatang

Pemkot Tangerang Siapkan Aplikasi Smartphone untuk PPDB 2023(Ilustrasi). Siswa dan wali murid berkonsultasi. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Sebelumnya diberitakan, PPDB Kota Tangerang jenjang SD tahun ini dimulai pada 12 Juni 2023. Ini merupakan tahap satu.

Dikutip dari laman resmi Pemerintah Kota Tangerang tangerangkota.go.id, dalam PPDB Kota Tangerang 2023 ini, jalur dan daya tampung yang dibuka untuk jenjang SD, antara lain jalur perpindahan tugas orangtua/wali yakni lima persen, jalur afirmasi 15 persen.

Dan jalur zonasi 80 persen dengan rincian zona lingkungan 40 persen, zona wilayah 20 persen, zona umum atau antar zona wilayah 15 persen dan zona luar Kota Tangerang lima persen.

Seluruh rangkaian pendaftaran Pra-PPDB maupun PPDB itu sendiri, di Kota Tangerang dilakukan secara penuh melalui daring yakni aplikasi maupun website. Orangtua atau wali murid tidak perlu datang ke sekolah, bahkan dilarang ke sekolah jika bukan keterbatasan gadget.

Proses pendaftaran online dapat dilakukan 24 jam. Hari pertama dimulai pulul 08.00 WIB, hari terakhir pukul 14.00 WIB. Proses pendaftaran dan daftar ulang dapat dilakukan melalui laman ppdbmandiri.tangerangkota.go.id.

3. Informasi lengkap cek ppdb.tangerangkota.go.id

Pemkot Tangerang Siapkan Aplikasi Smartphone untuk PPDB 2023Ilustrasi PPDB di Lebak di tengah pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Sedangkan untuk keseluruhan informasi remsi terkait PPDB Kota Tangerang 2023, masyarakat khususnya orangtua atau wali murid dapat mengakses informasi melalui laman ppdb.tangerangkota.go.id.

Baca Juga: PPDB SD di Kota Tangerang Dibuka 12 Juni, Catat Cara dan Syaratnya

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya