Comscore Tracker

Permudah PPDB di Pandemik, Dindik Tangsel Buka Layanan WhatsApp

Nomor-nomor sekolah tujuan ada di website PPDB Tangsel

Tangerang Selatan, IDN Times - Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada masa pandemik COVID-19 dipermudah. Kemudahan itu berupa berkas atau dokumen yang orangtua atau wali murid ingin kirim ke pihak sekolah kini bisa dilakukan dengan hanya menggunakan aplikasi percakapan WhatsApp.

“Cukup kirim dokumen melalui WhatsApp ataupun bisa melalui ojek online,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangsel, Taryono, Sabtu (20/6).

Baca Juga: Pemkot Tangerang Buka Usulan Penerima Bansos Melalui Aplikasi

1. Ini tata cara daftar PPDB via WhatsApp

Permudah PPDB di Pandemik, Dindik Tangsel Buka Layanan WhatsAppKepala Dinas Pendidikan Tangsel, Taryono(IDN Times/Muhamad Iqbal)

Taryono menjelaskan cara mengirimkan dokumen persyaratan PPDB lewat WhatsApp. Pertama, lakukan pendaftaran seperti biasa secara online dengan membuka situs resmi website PPDB Tangsel. Kemudian, peserta pilih sekolah dan jalur yang diinginkan.

Setelah memilih jalur maka formulir PPDB diunduh hingga kemudian d-iprint. Lembaran formulir diisi lengkap sesuai data identitas pemohon, kemudian orangtua atau wali murid mengirim dokumen itu ke nomor yang tertera di masing-masing sekolah.

“Setiap sekolah ada lima operator yang siap menerima kiriman itu, nomor WhatsApp di website juga ada daftar nomor WhatsApp sekolah-sekolah, kemudian di masing-masing sekolah ada spanduk, di spanduk ada nama dan nomor WhatsApp yang bisa dihubungi, ada semua lengkap,” terangnya.

2. Dokumen sudah lengkap bisa menggunakan WhatsApp atau ojek online (ojol)

Permudah PPDB di Pandemik, Dindik Tangsel Buka Layanan WhatsAppDok. IDN Times

Taryono mengatakan, kalau formulir dan persyaratan sudah dilengkapi, lanjut Taryono, kirim ke kontak WhatsApp ke operator sekolah atau alternatif lain adalah menggunakan jasa antar barang lewat ojek online lalu dikirim ke alamat sekolah.

“Tapi lewat WA lebih gampang, nanti oleh operator dijawab siap akan kami tindak lanjuti, diterima oleh operator, bener gak pengisian formulirnya, formulirnya bener gak, sesuai kelengkapan nama lengkap, alamat dan sebagainya kan itu, nomor NIK nya, dan ketika yang di formulir itu ditulis nomor NIK sesuai gak itu dengan KK,” paparnya.

3. Nantinya operator mengecek kelengkapan dokumen

Permudah PPDB di Pandemik, Dindik Tangsel Buka Layanan WhatsAppIDN Times/Humas Bandung

Diterangkan Taryono, nantinya operator mengecek ketika pendaftar menulis nomor USBN persis tidak dengan LKHB yang dikirimkan foto copy nya. “Kalau sudah clear udah semua beres diverifikasi, maka kemudian dibalas operator ke yang bersangkutan untuk pendaftaran,” tutur Taryono.

“Alhamdulillah PPDB semua lancar tiap sekolah, untuk tahap pertama dimulai tanggal 16 sampai 20 Juni 2020, tahap pertama ada 3 jalur afirmasi, perpindahan orang tua, atau zonasi, tahap kedua tanggal 30 Juni 2020 – dan berakhir tanggal 2 Juli akan diumumkan tanggal 6 Juli 2020,” kata Taryono.

Baca Juga: Potret PPDB Online di Pedalaman Lebak yang Susah Sinyal

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya