PPKM Level I, Taman di Kota Tangerang Dijaga 60 Petugas

Pengunjung taman wajib punya PeduliLindungi

Kota Tangerang, IDN Times - Sejumlah Taman di Kota Tangerang yang sudah dibuka mendapatkan penjagaan ketat petugas dari Pemerintah Kota Tangerang. Selain itu, warga juga diminta tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan dan memiliki aplikasi PeduliLindungi.

Artinya, warga wajib sudah vaksinasi. Nantinya, bila ingin mengunjungi taman, warga harus scan barcode aplikasi PeduliLindungi pada alat yang telah disediakan.

Baca Juga: Asyik! Taman di Kota Tangerang Segera Dibuka Kembali

1. Sebanyak 60 pertugas akan berjaga di taman dengan sistem kerja sif

PPKM Level I, Taman di Kota Tangerang Dijaga 60 PetugasSuasana Taman Cattleya. (IDN Times/Aditya Pratama)

Kepala Bidang Pertamanan dan Dekorasi untuk Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang, Hendri mengatakan taman yang dibuka akan dijaga oleh 60 petugas.

"Ada brigade atau petugas pengawas taman jumlahnya ada 60 kita bagi tiga sif. Satu sif nya 20, dan itu kesebar dan ada dandru prioritas taman rame harus ditambah," jelas Hendri, Jumat (5/11/2021).

2. Taman dibuka karena Kota Tangerang sudah masuk PPKM Level I

PPKM Level I, Taman di Kota Tangerang Dijaga 60 PetugasPersonel Satpol PP memberikan imbauan kepada pelaku usaha tentang pemberlakuan PPKM Mikro di Jalan Saranani, Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis (8/7/2021). (ANTARA FOTO/Jojon)

Diketahui, Kota Tangerang telah ditetapkan sebagai wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level I. Yang artinya, kasus COVID-19 kurang dari 20 orang per 100 ribu penduduk per minggu.

Sementara rawat inap di di rumah sakit kurang dari lima orang per 100 ribu penduduk per minggu, serta angka kematian kurang dari 1 orang per 100 ribu penduduk di daerah tersebut.

Keputusan itu tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) nomor 58 tahun 2021 tentang PPKM level 1 sampai 4 COVID-19 wilayah Jawa dan Bali-- yang diumumkan pada Senin (29/10/2021).

Oleh sebab itu, Pemerintah Kota Tangerang pun mengeluarkan sejumlah kebijakan kelonggaran mobilitas masyarakat. Meski demikian, kelonggaran yang diberikan itu diklaim dibarengi dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Seperti taman yang diprediksi bakal menjadi salah satu pemicu keramaian.

Hendri mengatakan, taman dibuka dengan syarat 25 persen dari pengujung, warga wajib menggunakan masker dan cek suhu dibawah 37,5 derajat celcius. Kemudian, pengunjung juga wajib mencuci tangan dan mengikuti arah tempuh yang sudah ditentukan dan selalu bergerak.

Selain itu, pengunjung juga harus menjaga jarak aman dengan pengunjung lainnya minimal dua meter dan tidak berkerumun. Selalu mejaga kebersihan taman, wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi, anak di bawah 12 tahun wajib didampingi orangtua. Untuk jam operasional, Taman Tematik akan dibuka mulai 07.00 hingga 17.00 WIB.

"Karena antusias masyarakat tidak bisa dibendung, petugas satgas melakukan pengecekan sertifikat vaksin 2 secara manual sambil menunggu QR," jelasnya.

3. Pembukaan taman dilakukan bertahap

PPKM Level I, Taman di Kota Tangerang Dijaga 60 PetugasTaman kunci (Humas Pemkot Tangerang)

Pembukaan taman akan dibuka secara bertahap. Ada empat taman yang akan diuji coba pembukaannya.

Taman Ekspresi dan Taman Pisang serta Taman Burung dibuka pada Sabtu (30/10/2021). Sedangkan Taman Gajah dan Taman Hutan Kota juga akan dibuka, namun masih menunggu QR Code PeduliLindungi.

Meski taman dibuka, namun Hendri, fasilitas permainan masih tutup dan warga tidak boleh mengunakannya.

"Kita sih ikut Inmendagri aja, Inmendagri-nya belum boleh jadi sementara kita tutup. Sementara ke taman duduk aja dah.  Kalau Taman Gajah paling mancing," tutur Hendri.

Taman dibuka hanya untuk tempat bersantai saja. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir keramaian.

"Prokes paling utama, meski sudah level satu, kita gatau isu gelombang 3 masih ada atau tidak, yang pasti kita saling jaga. Meski sudah ada Satgas lebih baik dengan kesadaran masyarakat sendiri itu lebih bagus," jelas Hendri.

Baca Juga: PPKM Level 1, Pemkab Tangerang Tetap Buka Hotel Isolasi Yasmin

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya