Renovasi Cagar Budaya Rumah Multatuli Menggantung Karena Pandemik

Rumah ini saksi sejarah orang Belanda yang anti-penjajahan

Lebak, IDN Times - Kepala Dinas Pariwisata Lebak Imam Rismahayadin memastikan bangunan bersejarah rumah Multatuli yang menjadi cagar budaya di Rangkasbitung, Lebak belum terenovasi hingga kini. Rencana renovasi tersebut mengantung akibat tak ada anggaran setelah pandemik COVID-19 mewabah.

Sebagaimana diketahui Multatuli yang bernama asli Eduard Douwes Dekker, seorang Belanda yang tidak suka dengan perlakuan sewenang-wenang Pemerintah Hindia Belanda terhadap pribumi, dulu tinggal di Lebak, Banten. Perjuangannya melalui sebuah karya sastra berjudul Max Havelaar menjadi pemicu lahirnya gerakan anti-kolonialisme di tanah air dan gerakan politik balas budi dari pemerintah Kerajaan Belanda kala itu.

Baca Juga: Pilih Menikah dan Bekerja, 415 Siswa SMP di Lebak Berhenti Sekolah 

1. Renovasi rumah Multatuli harusnya dilakukan tahun 2020

Renovasi Cagar Budaya Rumah Multatuli Menggantung Karena PandemikBekas Rumah Multatuli atau Douwes Dekker. (cagarbudaya.kemdikbud.go.id)

Imam menerangkan, seharusnya renovasi rumah mantan asisten residen Lebak tersebut dilakukan pada 2020 lalu. Namun, virus corona yang mewabah membuat anggaran yang disediakan untuk renovasi difokuskan pada penanganan COVID-19

"Tahun ini karena anggaran terbatas belum terselenggarkan lagi," kata Imam kepada IDN Times, Senin (14/6/2021).

Baca Juga: Lokasi Pengibaran Bendera Merah Putih Pertama di Banten Kini Jadi Mal

2. Pemkab Lebak merencanakan renovasi dilakukan tahun ini, tunggu uangnya ada

Renovasi Cagar Budaya Rumah Multatuli Menggantung Karena PandemikIDN Times/Muhamad Iqbal

Tahun ini, lanjut Imam, perencanaan renovasi kembali dilakukan. Hanya saja, eksekusi renovasi masih menunggu ketersediaan anggaran.

"Sudah masuk perencanaan tahun 2021 belum teranggarkan karena anggarannya belum mencukupi. Tapi itu sudah ada di perencanaan dinas PUPR," kata Imam.

3. Jika sudah terenovasi, rumah Multatuli akan jadi objek wisata sejarah

Renovasi Cagar Budaya Rumah Multatuli Menggantung Karena PandemikMuseum Multatuli (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Imam mengatakan, nantinya usai direnovasi, bangunan bersejarah tersebut akan menjadi objek wisata sejarah yang terintegrasi dengan museum Multatuli yang sudah ada.

Sebelumnya, pada 2020 lalu Kepala Bappeda Lebak Virgojanti mengatakan, rencana revitalisasi cagar budaya Multatuli ini sudah mendapatkan izin dari kementerian pusat dan sudah dilakukan studi cagar budaya.

"Revitalisasi cagar budaya Multatuli ini tinggal menunggu tim kajian cagar budaya," kata Virgojanti, Kamis (23/5/2020).

Baca Juga: Rumah Lengkong dan Bercak Darah Serdadu di Serpong Tangsel

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya