Comscore Tracker

Survei BPS: Banten Jadi Provinsi Paling Gak Bahagia di Indonesia!

Peringkat Banten terpuruk di bawah Papua dan Bengkulu

Serang, IDN Times - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis bahwa Provinsi Banten sebagai daerah paling tidak bahagia di antara 34 provinsi seluruh Indonesia. Hal itu berdasarkan hasil Survei Tingkat Kebahagiaan Penduduk Indonesia tahun 2021.

Dalam survei tersebut, Banten menempati urutan paling buncit dengan angka 68,08 poin dengan di atasnya ada Bengkulu dan Papua.

Baca Juga: Soal Laporan Buruh, Wahidin: Saya Bukan Tipe Pemimpin Pengecut

1. Poin Banten turun dibanding tahun lalu

Survei BPS: Banten Jadi Provinsi Paling Gak Bahagia di Indonesia!Wilayah Dadap, Kabupaten Tangerang (IDN Times/Candra Irawan)

Hasil ini mirip dengan survei pada tahun 2017 yang juga menempatkan Banten daerah paling tidak bahagia dengan skor  68,83 poin.

Di 2021, terdapat 10 provinsi yang mengalami penurunan Indeks Kebahagiaan. Provinsi-provinsi tersebut adalah Aceh, Riau, Sumatera Selatan, dan Bengkulu
untuk kawasan Sumatera. Untuk kawasan Jawa-Bali-Nusa Tenggara yang turut mengalami penurunan Indeks Kebahagiaan yaitu: DKI Jakarta, Banten, Yogyakarta, Bali dan Nusa Tenggara Barat.

Sementara untuk kawasan kalimantan terdapat pada Provinsi Kalimantan Timur.

2. Ini indikator survei tingkat kebahagiaan warga di daerah

Survei BPS: Banten Jadi Provinsi Paling Gak Bahagia di Indonesia!pixabay

Ada tiga indikator dalam survei ini; kepuasan hidup, perasaan dan makna hidup.

Indikator kepuasan hidup terbagi menjadi dua. Kepuasan hidup personal dan sosial, tang didalamnya berisikan tentang pendidikan, pekerjaan, kesehatan, kondisi rumah dan fasilitas rumah.

Dalam indikator kepuasan hidup juga pertanyaan terkait keharmonisan keluarga, ketersediaan waktu luang, hubungan sosial, keadaan lingkungan dan kondisi keamanan.

Kemudian indikator perasaan terbagi dalam beberapa muatan pertanyaan. Perasaan senang, perasaan tidak khawatir dan perasaan tidak khawatir.

Kemudian indikator makna hidup, ada tentang kemandirian, penguasaan lingkungan, pengembangan diri, hubungan positif dengan orang lain, tujuan hidup dan penerimaan diri.

Baca Juga: Pulau Umang, Salah Satu Destinasi Terbaik Banten

3. Survei dilakukan Juli hingga Agustus 2021

Survei BPS: Banten Jadi Provinsi Paling Gak Bahagia di Indonesia!IDN Times/Auriga Agustina

BPS mengatakan tingkat kebahagiaan penduduk Indonesia 2021 diukur dari tiga dimensi yakni kepuasan hidup (life satisfaction), perasaan (affect) dan makna hidup (eudaimonia). Survei yang dirilis pada 1 Januari 2022 itu dilaksanakan secara serentak di semua kabupaten atau kota di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

"Survei dilaksanakan pada rentang 1 Juli hingga 27 Agustus 2021. Unit analisis adalah rumah tangga yang dipilih secara acak (random)," demikian yang disampaikan BPS pada akhir pekan lalu.

BPS juga menjelaskan jumlah sampel rumah tangga yang dilibatkan di dalam survei mencapai 75 ribu yang tersebar di 34 provinsi. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara two stage one phase sampling.

Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara oleh petugas menggunakan kuesioner yang terstruktur dan alat bantu. Alat bantu ini, kata BPS, berupa scoring (rating scale) secara presisi terhadap pertanyaan terkait kepuasan hidup, perasaan, dan makna hidup. Hasilnya selain DKI Jakarta yang masuk deretan provinsi dengan indeks kebahagiaan rendah, Maluku Utara ada di daftar provinsi dengan tingkat kebahagiaan tertinggi.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya