Tampung Pasien COVID-19, RIT di SMP Negeri 30 Tangerang Beroperasi 

Arief akan tambah lagi RIT atau rumah isolasi terkonsentrasi

Kota Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mengoperasikan gedung SMP Negeri 30 Kota Tangerang sebagai rumah isolasi terkonsentrasi (RIT) khusus pasien COVID-19 tanpa gejala, gejala ringan hingga sedang.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menyatakan, pengalihfungsian gedung sekolah itu dimulai pada Minggu (27/6/2021). "Sudah mulai kemarin ya operasionalnya kalau SMP 30 jadi RIT," kata Arief saat dikonfirmasi, Senin (28/6/2021).

Baca Juga: Ruang Kelas SMPN 27 dan 30 Dijadikan Tempat Isolasi Pasien COVID-19

1. Sebanyak 135 tempat tidur tersedia di RIT ini

Tampung Pasien COVID-19, RIT di SMP Negeri 30 Tangerang Beroperasi ilustrasi ruang isolasi COVID-19. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Arief mengatakan, setidaknya ada 135 tempat tidur yang dapat digunakan khusus pasien COVID-19 di SMP yang terletak di Kelurahan Jurumudi Baru, Kecamatan Benda, Kota Tangerang itu.

Adapun pihak yang bertanggung jawab atas operasional RIT di sekolah itu adalah Puskesmas Jurumudi Baru, yang juga sebuah RIT. Kata Arief, total kasur yang ada di Puskesmas Jurumudi Baru dan SMP Negeri 30 Kota Tangerang itu sekitar 205 buah.

"Kebijakan kami, buat yang bergejala ringan sampai sedang, nanti ditampung di RIT," kata dia.

2. Arief akan tambah RIT gunakan gedung SMP negeri lagi

Tampung Pasien COVID-19, RIT di SMP Negeri 30 Tangerang Beroperasi Arief R. Wismansyah (tengah) melihat kesiapan SMPN 27 Gebang Raya sebagai RIT khusus pasien COVID-19 gejala ringan (Antaranews)

RIT ini, kata Arief menyerupai rumah sakit lapangan, "Karena RIT kami dipantau RSUD Kota Tangerang," kata Arief.

Arief menambahkan, Pemkot Tangerang berencana untuk menjadikan SMPN 27 Tangerang, Gebang Raya, Periuk, Kota Tangerang, sebagai RIT.

Kata dia, sekolah tersebut dipilih sebagai tempat penampungan pasien COVID-19 karena lokasinya dekat dengan Puskesmas Gebang Raya.

"Petugas kesehatan juga bisa lebih efektif dan efisien saat bekerja karena dekat dengan Puskesmas," ujar Arief.

Baca Juga: Pemkab Tangerang Dapat Tambahan 50.000 Dosis Vaksin

3. Ruang kelas SMPN 27 dan 30 dijadikan tempat isolasi pasien COVID-19

Tampung Pasien COVID-19, RIT di SMP Negeri 30 Tangerang Beroperasi Ilustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19, ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Sebelumnya, Pemerintah Kota Tangerang menyiapkan prasana dan "menyulap" ruang kelas di SMP Negeri 27 sebagai tempat isolasi mandiri pasien COVID-19. Sekolah ini berada di dekat Puskesmas Gebang Raya, Kecamatan Periuk.

"Nantinya (SMPN 27) bisa dipakai sebagai Rumah Isolasi Terkonsentrasi (RIT) bagi masyarakat yang terpapar COVID-19 dengan gejala ringan hingga sedang," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah. 

Baca Juga: Arief: Faskes COVID-19 Kota Tangerang Terbanyak di Tangerang Raya

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya