TKW Asal Serang Dikabarkan Disiksa Majikan di Timur Tengah 

Korban masih di Abu Dhabi dan minta perlindungan

Banten, IDN Times - Aksi kekerasan terhadap Tenaga Kerja Indinesia (TKI) kembali terjadi di Timur Tengah. Kali ini dialami MJ, seorang buruh migran asal Tanara, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Banten.

TKI tersebut babak belur. Berdasarkan keterangan korban, dia dianiaya oleh anak majikannya di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, dan mengalami luka cukup serius di bagian kepala.

“Dipukul menggunakan batu. Kami sedang mendalami kronologinya seperti apa permasalahannya,” kata Ketua Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Provinsi Banten, Maftuh Hafi, saat dikonfirmasi, Jumat (10/1).

Baca Juga: Menolak Dikirim ke Suriah, 10 TKI Telantar di Bandara Dubai

1. Korban masih di Abu Dhabi minta perlindungan

TKW Asal Serang Dikabarkan Disiksa Majikan di Timur Tengah Ilustrasi penganiayaan (IDN Times/Sukma Sakti)

Maftuh mengatakan, saat ini korban masih di rumah majikannya di Abu Dhabi. Pihak keluarga melaporkan kondisi korban ke posko pengaduan TKI dan sedang meminta bantuan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Abu Dhabi, untuk membantu perlindungan MJ.

"Kami sedang membuat laporan dan meminta perlindungan korban," katanya.

2. Agen penyalur TKI ilegal makin marak di Serang

TKW Asal Serang Dikabarkan Disiksa Majikan di Timur Tengah IDN Times/Faiz Nashrillah

Maftuh menyampaikan, hingga saat ini pihaknya sudah menerima ratusan laporan kekerasan dan penjualan manusia ke Timur Tengah. Anehnya, menurut dia, agen gelap di Kabupaten Serang kian merajalela.

Perekrutan TKI melalui agen-agen tersebut terbilang instan. Calon TKI hanya memerlukan waktu 7 hari untuk bisa berangkat ke Timur Tengah.

Penelusuran SBMI Banten, calon TKI diminta uang sebesar Rp3 juta hingga Rp5 juta. Oknum tersebut biasanya memanfaatkan waktu lengang pembuatan paspor seperti Jumat dan melalui oknum calo.

“Kami menduga ada permainan oknum di Imigrasi yang membuatkan paspor untuk para korban,” ujarnya.

3. Pemda dinilai abai terhadap warganya yang menjadi korban TPPO

TKW Asal Serang Dikabarkan Disiksa Majikan di Timur Tengah IDN Times/Axel Jo Harianja

SMBI meminta kepada Pemerintan Provinsi Banten dan Pemerintah Kabupaten Serang untuk turun aktif mencegah aksi kejahatan Tindak Pidana Penjualan Orang (TPPO) di Banten.

Berdasarkan data yang dihimpun, pada 2019 pihaknya menerima laporan sebanyak 327 TKI menjadi korban perdagangan manusia di luar negeri. Untuk per Januari 2020, jumlah laporan yang masuk sudah mencapai 100 laporan.

“Jangan cuma tampil ketika mau mencalonkan diri, tapi harus turun ke bawah dan duduk bersama memecahkan masalah,” kata Maftuh.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya