Keluarga Bantah Pilot Lion Air yang Ribut di Turkish Airlines Mabuk

John alami luka di sekujur tubuh

Tangerang Selatan, IDN Times - Keluarga pilot Lion Air, Muhammad John Jaiz yang terlibat perkelahian di dalam pesawat Turkish Airlines, angkat bicara. Keluarga membantah John sedang mabuk saat insiden terjadi.

Hal tersebut dikatakan oleh istri John, Puti Intan Ageyani Boudewijn di kediamannya kawasan Griya Loka Sektor 1.3, BSD, Kota Tangerang Selatan (Tangsel). "Suami saya bukan pemabuk, pada saat kejadian tidak mabuk, menyentuh alkohol saja juga tidak, itu tidak benar," tegas Puti, Jumat (14/10/2022).

Baca Juga: Pesawat Turkish Airlines Mendarat di Kualanamu karena Penumpang Ngamuk

1. Bantahan dapat dibuktikan dengan tes yang dilakukan rumah sakit

Keluarga Bantah Pilot Lion Air yang Ribut di Turkish Airlines MabukIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Puti mengungkapkan, pada saat mendarat di Medan, John telah melakukan berbagai tes, di mana hasilnya menyatakan John tidak dalam pengaruh alkohol.

"Dan (hasil tes) menyatakan semuanya bebas narkotika dan juga bebas alkohol. Jadi, dia tidak mabuk," kata Puti.

Sang suami, kata Puti, tidak pernah mengonsumsi minuman alkohol semasa hidupnya. John juga dikenal sebagai pribadi yang taat dalam beragama sehingga pemberitaan yang beredar di berbagai media sosial dan juga media online, tidaklah benar.

"Suami saya babak belur dikeroyok lebih dari dua orang di pesawat," ujar Puti.

2. Pihak Turkish Airlines tak berikan klarifikasi kepada keluarga John

Keluarga Bantah Pilot Lion Air yang Ribut di Turkish Airlines MabukIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Keluarga pun sangat menyesalkan adanya terjadi pengeroyokan tersebut. Dia pun meminta klarifikasi Turkish Airlines, atas kejadian tersebut. 

"Apapun masalahnya di atas (pesawat), saya enggak peduli, tapi kenapa harus membuat orang itu, suami saya, teraniaya. Bahkan beramai-ramai menyiksa dia. Ini yang mana saya sebagai seorang istri sangat menyesalkan,"tutur Puti.

Puti menuturkan, mulai kejadian hingga sang suami dipulangkan ke Tangerang dan mendapatkan perawatan intensif sepulangnya dari Medan, tidak ada pihak keluarga yang mendapat klarifikasi ataupun permintaan maaf dari pihak Turkish Airlines. 

"Kenapa pihak Airlines tersebut tidak ada penjelasan, permintaan maaf atau pernyataan atas kejadian ini. Ini malah opini yang keluar kalau suami saya dibilang mabuk, bikin rusuh," kata Puti.

Namun, Puti menjelaskan, pihak keluarga tidak menginginkan membawa permasalahan ini ke kepolisian atau jalur hukum. Hanya saja, ia menginginkan nama baik suaminya yang juga pilot senior di maskapai swasta, bersih kembali dari cap pemabuk.

"Saya sedih sebagai istri, melihat nama baik suami saya terancam, saya cuma minta diklarifikasi, jangan seperti itu," katanya.

3. Keributan berawal dari adanya anjing yang dilepas di dalam kabin pesawat

Keluarga Bantah Pilot Lion Air yang Ribut di Turkish Airlines MabukIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Di tempat yang sama, rekan John, Supri Abu mengatakan, keributan berawal dari saat menjelang solat subuh, penumpang sudah diperbolehkan melepas seatbelt, John meminta izin kru pesawat untuk menunaikan salat subuh di bagian belakang.

Setelah selesai menunaikan salat, John yang saat itu memegang segelas berisi kopi, melewati kursi 13a, melihat ada penumpang lain yang melepas anjing hewan peliharaannya dari dalam kandang yang diselimuti. 

"Anjing tersebut langsung loncat ke arah John dan sempat menjilat bagian celana, John pun tak terima mendapat perlakuan tersebut," kata Supri.

4. John mengaku dipukul duluan sebelum akhirnya terjadi keributan

Keluarga Bantah Pilot Lion Air yang Ribut di Turkish Airlines MabukIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

John yang sempat merasa terganggu dengan perlakuan anjing tersebut, lanjut Supri, meminta klarifikasi kepada kru pesawat, mengapa bisa ada seorang penumpang yang diperbolehkan melepas hewan peliharaannya. Terlebih maskapai yang dinaikinya tersebut, dikenal sebagai maskapai yang sering mengangkut jamaah umroh.

"Memang saat itu suara John meninggi, dia mengakui itu. Namun dia menyesalkan terjadi pemukulan, John yang dipukul duluan, dia posisi membela diri," ungkap Supri.

5. John alami luka di sekujur tubuh

Keluarga Bantah Pilot Lion Air yang Ribut di Turkish Airlines MabukIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Hingga kini, John Jaiz mengalami sejumlah luka di wajah, kepala dan juga badannya. Keluarga pun menemukan dugaan adanya bekas luka gigitan di pinggang kirinya. Dia pun merasa kesakitan saat berjalan, terlebih pada saat pindah perawatan dari Medan ke Tangerang. 

"Luka di wajahnya itu diduga karena diserang dengan pisau makan, itu kan terbuat dari logam, jadi luka di wajahnya lumayan parah," tutur Supri.

Baca Juga: Keamanan Kualanamu Tes Alkohol Penumpang Turkish Airlines yang Ngamuk

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya