Comscore Tracker

Agama Sepak Bola untuk Pemuja "si Gol Tangan Tuhan" Maradona 

Sedikitnya ada 120 ribu orang yang benar-benar menyembah dia

Serang, IDN Times - Nama Diego Armando Maradona mungkin sudah tidak asing lagi di telinga pencinta sepak bola. Kepiawaian dalam mengolah si kulit bundar menjadikan Maradona pesepak bola terbaik dunia.

Pemain sepak bola yang dikenal dengan golnya "Gol Tangan Tuhan" ini memiliki penggemar yang sangat fanatik. Saking fanatiknya, penggila Diego itu sampai membuat keyakinan alias agama khusus untuk memuja dan menyembahnya.

"Darah menetes dari segi enam kulitnya. Gulungan mahkota dari kawat berduri itu. Di belakang altar ada potret besar pria yang disembah oleh kerumunan orang - Diego Armando Maradona," dikutip dari The Guardian, 12 November 2018.

Di tahun itu, agama ini memiliki 120 ribu jemaat yang benar-benar memuja dan menyembah Maradona. Kini, Maradona berpulang. Si mega bintang lapangan hijau itu meninggal pada 25 November 2020 di usia 60 tahun karena serangan jantung. 

Baca Juga: Tutup Usia di 60 Tahun, Ini 7 Fakta Diego Maradona si "Tangan Tuhan"

1. Memiliki tempat pemujaan untuk para jemaat

Agama Sepak Bola untuk Pemuja si Gol Tangan Tuhan Maradona Diego Maradona. (IDN Times/Herka Yanis).

Mereka memiliki tempat pemujaan yang disebut La Iglesia Maradoniana  atau Gereja Maradona. Geraja ini didirikan pada 30 Oktober 1998 saat ulang tahun ke-38 Maradona di Kota Rosario. Pendirinya adalah Hector Campomar, Alejandro Veron dan Hernan Amez.

Agama ini memiliki simbol " D10S” yang berasal dari kata dios yang berarti "Tuhan" dalam bahasa Spanyol dan diganti dengan "10" nomor punggung Maradona.

"Jemaat berteriak sangat keras sehingga saya bahkan tidak bisa mendengar pendeta, meskipun saya di barisan depan. Saat kebaktian berlangsung, ratusan umat beriman melafalkan versi unik Doa Bapa Kami," kata dia. 

Berbeda dari aslinya, berikut Doa Bapa Kami versi penggila DiegoMaradona itu:

Our Diego

Who art on earth

Hallowed be thy left foot

Thy magic come,

Thy goals be remembered

2. Bahkan 10 perintah bagi umat Maradona

Agama Sepak Bola untuk Pemuja si Gol Tangan Tuhan Maradona Saat Maradona menghadapi Timnas Indonesia (Twitter.com/offsideStats)

Verón dan Amez sering mengadakan pertemuan di berbagai tempat di Rosario, Argentina di mana para utusan tuhan berkumpul untuk “misa.” Mereka bahkan punya kitab suci, yakni biografi Maradona dan 10 Perintah Tuhan--versi mereka. Salah satu isi 10 perintah itu adalah bola tidak pernah kotor dan Jangan menyatakan Diego sebagai anggota tim mana pun.

3. Gereja memiliki 120 ribu anggota

Agama Sepak Bola untuk Pemuja si Gol Tangan Tuhan Maradona Diego Maradona di Piala Dunia 1979 (Twitter.com/golazoargentino)

Kala itu, Veron selaku pendiri gereja Maradona mengklaim bahwa  sudah ada sebanyak 120 ribu anggota gereja dan sering menggelar pertemuan di Kota Risario, termasuk pesepakbola profesional pernah mendatangi gereja tersebut seperti Ronaldiho hingga Lionel Messi.

"Orang Argentina itu passionate dan temperamental," kata Hernan Amez, satu dari tiga pendiri gereja itu. 

Menurutnya, setiap orang yang ada di gereja itu memiliki momen spesial dengan Maradona. "Maradona membuat kami kuat dan itu alasan mengapa kami sangat mencintainya, sama seperti tuhan," jelasnya. 

Ada-ada saja ya...

Topic:

  • Khaerul Anwar
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya