Comscore Tracker

Api Porprov Bakal Keliling di 8 Kabupaten/Kota di Banten

Obor api Porprov VI Banten dibawa oleh atlet legend

Kota Tangerang, IDN Times - Perhelatan olahraga Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Banten telah dimulai. Hal tersebut ditandai dengan dilakukannya kirab obor api yang dimulai di Kawasan Masjid Kali Pasir, Kota Tangerang, Kamis (17/11/2022).

Sumber Api yang berasal dari Kasepuhan Kali Pasir ini diserahkan secara langsung kepada Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, didampingi Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin, Sekretaris Daerah Kota Tangerang Herman Suwarman, dan Ketua KONI Kota Tangerang Hadi Rusman beserta sejumlah Kepala OPD Kota Tangerang untuk diserahkan kepada kirab atlet Kota Tangerang. 

“Dengan ini, Kirab Api Porprov VI Banten resmi dimulai,” ucap Arief melepas rombongan atlet.

Baca Juga: Mall Alam Sutera Jadi Venue Porprov Banten

1. Kirab Api akan diarak ke 8 kabupaten/kota di Banten

Api Porprov Bakal Keliling di 8 Kabupaten/Kota di BantenIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Obor api pun diberikan kepada Sadam yang merupakan atlet atletik dan diiringi sederet atlet legend Kota Tangerang lainnya. Selanjutnya, Kirab Api ini akan diarak dan diserah terimakan kepada 8 Kabupaten Kota yang akan berlaga di Porprov VI Banten selama 3 hari ke depan menuju hari pembukaan 20 November 2022 di Stadion Benteng Reborn.

“Masjid Kali Pasir ini jadi saksi bahwa semangat sportivitas ini bisa membawa berkah kepada semua sektor baik wisata, ekonomi dan sosial masyarakat,” tambah Arief. 

Diketahui, Kirab Api Porprov hari pertama ini memiliki tujuan kota pertama ialah Kota Cilegon, dilanjut Kabupaten Serang, dan akan diinapkan di Kota Serang. 

2. Pemkot Tangerang jadikan Porprov ajang promosi wisata religi

Api Porprov Bakal Keliling di 8 Kabupaten/Kota di BantenIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Pertamanan, Rizal Ridolloh mengatakan, kirab Api Porprov ini juga menjadi ajang promosi wisata religi di Kota Tangerang.

"Kirab Api Porprov VI Banten diawali dengan doa dan salawat bersama jajaran Forkopimda. Dimulai dari titik nol yaitu Masjid tertua di Kota Tangerang, Masjid Kali Pasir yang penuh sejarah untuk Kota Tangerang maupun Provinsi Banten. Ini juga sebagai langkah untuk menyiarkan wisata religi Kota Tangerang," ungkapnya.

3. Api Porprov dibawa oleh atlet legendaris Kota Tangerang dan komunitas lari

Api Porprov Bakal Keliling di 8 Kabupaten/Kota di BantenIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Setelah keliling delapan kota kabupaten di Provinsi Banten, Api Porprov VI Banten akan kembali ke Kota Tangerang pada 19 November mendatang. 

"Nanti kirab akan melibatkan atlet legend Kota Tangerang dan komunitas lari di Kota Tangerang. Diterima di Puspem Kota Tangerang oleh Wali Kota Tangerang dan akan diinapkan di Puspem, untuk keesokannya dibawa ke Stadion Benteng untuk pembukaan Porprov VI Banten," jelasnya. 

Dia melanjutkan, Api Porprov VI Banten yang menjadi essensi besar dalam pagelaran Porprov VI Banten diharapkan kian banyak masyarakat yang mengetahui pagelaran ini.

"Kian banyak yang mengetahui pagelaran ini, semakin banyak yang semangatin para atlet kita. Semoga Kota Tangerang juara umum," katanya.

Baca Juga: Kota Tangerang Optimis Drum Band Bisa Juara Umum di Porprov Banten

Maya Aulia Aprilianti Photo Community Writer Maya Aulia Aprilianti

Trying to Love My Life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya