Atlet Panjat Tebing Asal Kota Tangerang Berlaga di Asian Games ke-19

Raji'ah Sallsabillah sumbang emas pada Asian Games 2018

Kota Tangerang, IDN Times - Atlet cabang panjat tebing asal Kota Tangerang Raji'ah Sallsabillah menjadi salah satu atlet Indonesia yang berlaga pada ajang olahraga internasional, Asian Games ke-19 di Hangzhou, Tiongkok. Asian Games itu berlangsung pada 23 September hingga 8 Oktober 2023.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Tangerang, Dirman mengungkap Raji'ah juga sebelumnya pernah meraih emas pada Asian Games tahun 2018 pada kategori Women's Speed Relay.

"Kami dan seluruh warga Kota Tangerang tentu bangga dengan adanya perwakilan atlet Kota Tangerang yang akan berlaga di Asian Games nanti," kata Dirman, Kamis (21/9/2023).

Dirman mengatakan, baik dari KONI Kota Tangerang, Dispora Kota Tangerang, seluruh jajaran Pemkot Tangerang dan masyarakat Kota Tangerang mendukung penuh dan mendoakan para atlet Indonesia yang berlaga di Asian Games 2022 ini mendapatkan medali emas.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Makan Tradisional Hidden Gem di Tangerang

1. Dirman berharap, hal ini jadi pelecut semangat atlen Kota Tangerang lain

Atlet Panjat Tebing Asal Kota Tangerang Berlaga di Asian Games ke-19Pemanjat putri Indonesia, Desak Made Rita Kusuma Dewi jadi yang tercepat di babak kualifikasi Piala Dunia Panjat Tebing 2022 seri Jakarta (IDN Times/Tata Firza)

Dirman berharap, para atlet di Kota Tangerang dapat terus semangat dalam berlatih dan memberikan yang terbaik saat bertanding. Berbagai dukungan baik fasilitas dan dukungan lainnya akan dimaksimalkan agar para atlet dapat berlatih dengan baik.

"Kami bersama dengan Dispora Kota Tangerang akan terus berusaha memberikan yang terbaik. Pembinaan pastinya akan terus diberikan dan khususnya juga fasilitas-fasilitas penunjang dalam berlatih. Kami berharap, atlet-atlet kita saat ini dapat memberikan inspirasi bagi para calon atlet di generasi yang akan datang," harapnya.

2. Lepas atlet Asian Games, Jokowi beri target Indonesia finis 10 besar

Atlet Panjat Tebing Asal Kota Tangerang Berlaga di Asian Games ke-19Pengukuhan kontingen Indonesia untuk Asian Games 2022 Hangzhou (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Sebelumnya, Presiden Joko "Jokowi" Widodo melepas kontingen Indonesia untuk Asian Games ke-19 di Hangzhou, China. Pelepasan atlet berlangsung di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (19/9/2023).

Dalam sambutannya, Jokowi menargetkan Indonesia bisa finis 10 besar di Asian Games tersebut. Jokowi mengatakan, target 12 besar yang ditetapkan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terlalu jauh.

Sebab, Indonesia pada Asian Games 2018 finis di urutan ke-4. Saat itu, Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2023.

"Saya hanya titip, di Asian Games di Jakarta kita berada di ranking keempat, meskipun tadi Menteri Pemuda dan Olahraga sudah mengkalkulasi, kira-kira akan jatuh rankingnya di ranking 12, buat saya kok jauh banget. Jadi jangan 12 lah, saya minta masuk ke 10 besar. Biasanya hitungan saya gak meleset," ujar Jokowi.

3. Indonesia kirim 576 atlet

Atlet Panjat Tebing Asal Kota Tangerang Berlaga di Asian Games ke-19Kontingen Indonesia dalam pembukaan SEA Games 2019 di Filipina, Sabtu (30/11). (Twitter.com/BadmintonTalk)

Jokowi mengatakan, kontingen yang dilepas ke Hangzhou sebanyak 576 orang. Total, ada 30 cabang olahraga yang dipertandingkan.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada sore hari ini saya berangkatkan Kontingen Indonesia pada Asian Games ke-19 Huangzhou tahun 2022-2023," kata dia.

Baca Juga: Kesulitan Air Bersih, Tangsel Bakal Dapat Pasokan dari Tangerang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya