Comscore Tracker

Geliat Sekolah Bola di Tangerang Disokong Dana Iuran Siswa

SSB jadi tempat bagi klub untuk mencari talenta

Kota Tangerang, IDN Times - Meski masih mengandalkan biaya operasional secara swadaya, Sekolah Sepakbola (SSB) Benteng Muda Indonesia Footbal Academy (BMIFA) sudah banyak melahirkan talenta-talenta pesepakbola profesional yang berlaga pada level liga profesional hingga pemain tim nasional.

SSB yang sudah berdiri dari 2002 untuk sepakbola pria dan 2017 untuk sepakbola wanita ini masih mengandalkan kantong para pendiri dan orangtua para siswanya untuk bertahan.

"Kalau kami belum murni ke bisnis, karena hobi kita aja. Dari sisi pembiayaan ya itu dari kami dan iuran siswa bulanan," kata Aam Muharam, Owner SSB BMIFA saat dihubungi, Sabtu (26/11/2022).

Baca Juga: Pencak Silat Tangerang Raih Juara Umum di Porprov VI Banten 

1. Ikut kompetisi pun pakai dana iuran

Geliat Sekolah Bola di Tangerang Disokong Dana Iuran SiswaIlustrasi Uang Rp75000 (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Tak hanya pada biaya operasional sekolah, para founder dan orangtua siswa pun akan urunan setiap kali SSB BMIFA mengikuti turnamen atau kompetisi.

"Kebanyakan SSB di daerah seperti ini, kalaupun SSB nya mapan itu karena punya pemilik yang modalnya kuat. Tapi bukan murni bisnis SSB nya," kata dia

SSB ini dalam operasionalnya membuka kelas setia tiga hari dalam seminggu. Para siswanya rerata berusia umur delapan sampai 17 tahun.

2. SSB BMIFA pun menjadi tempat klub profesional cari talenta

Geliat Sekolah Bola di Tangerang Disokong Dana Iuran SiswaSkuad Persita untuk menghadapi Liga 1 2021/2022. (Dok. Persita).

Aam menjelaskan, di Jabodetabek sebetulnya banyak liga dan turnamen yang hadir, seperti Liga Topscore. "Di Kota Tangerang namanya Liga Askot," kata Aam.

Beberapa klub pun menyebar di beberapa daerah dan mau bekerja sama dalam pencarian bakat atau calon pemain. Sayangnya, jarang ada klub yang mau ikut membantu dalam manajemen hingga sponsorship para SSB.

"Kalau klub, (pemain) mereka cabutan dari SSB, bukan hanya satu SSB," kata dia. 

3. SSB BMIFA mencetak sejumlah pemain yang bermain di kancah nasional

Geliat Sekolah Bola di Tangerang Disokong Dana Iuran SiswaPotret Zahra Musdalifah (Instagram.com/zahmuz12)

Sederet nama pemain terkenal seperti pemain tim nasional puteri, Zahra Musdalifah sudah dicetak SSB ini, berkat pola dan kurikulum yang mereka terapkan.

"Kalau yang cowok banyak, kembali kan kalau SSB mah seperti SD, jad pemain yang diketahui saat awal ya klubnya (bukan SSB nya) jadi banyak yang enggak ngakuin. Banyak laah kalau kalau di liga," kata dia.

Baca Juga: Yuk ke Kab Tangerang Expo, Belanja Banyak Produk Kerajinan

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya