Comscore Tracker

Kini Dimiliki Raffi Ahmad, Ini Profil Klub Cilegon United 

Awalnya berjuluk Laskar Geger Cilegon

Cilegon, IDN Times - Klub Liga 2 dari Banten, yakni Cilegon United, diakuisisi oleh artis papan atas Indonesia, Raffi Ahmad. Klub sepak bola kebanggaan warga Kota berjuluk Kota Baja kini resmi milik aktor di film Love Is Cinta tersebut.

Lalu gimana sih sejarah dan torehan prestasi yang dibuat oleh klub yang bermarkas di Stadion Krakatau Steel ini? Yuk simak profil singkatnya.

Baca Juga: [BREAKING] Raffi Ahmad Beli Klub Cilegon United

1. TB Iman Ariyadi dan Yudhi Apriyanto dua tokoh terkenal di klub ini

Kini Dimiliki Raffi Ahmad, Ini Profil Klub Cilegon United IDN Times/Doni Hermawan

Tim ini pertama kali dibentuk pada 22 November, 2012. Kala itu mantan Wali Kota Cilegon, Tubagus Iman Ariyadi yang terjaring OTT KPK pada tahun 2017 menjabat sebagai pembina.

Selain TB Iman Ariyadi, nama lain yang terkenal dari klub ini adalah Yudhi Apriyanto yang menjabat sebagai presiden klub.

2. Memiliki stadion bernama Krakatau Steel dengan kapasitas 5.000 orang

Kini Dimiliki Raffi Ahmad, Ini Profil Klub Cilegon United Dok. Istimewa / Krakatau Steel

Tim ini bermarkas di Stadion Krakatau Steel yang memiliki kapasitas sebanyak 5.000 orang.

Seperti namanya, stadion sepak bola kebanggaan warga Cilegon ini memang berlokasi di kawasan industri pengolahan baja yakni Krakatau Steel.

3. Terhitung klub baru, Cilegon United lumayan berprestasi

Kini Dimiliki Raffi Ahmad, Ini Profil Klub Cilegon United IDN Times/Doni Hermawan

Dari segi prestasi, klub yang masih berumur muda ini tergolong ciamik. Alasannya, di awal kelahirannya klub ini langsung menjuarai regional Banten Divisi III Liga Indonesia, yang secara otomatis membawa klub ini melaju ke divisi II Liga Indonesia.

Di tahun 2013, klub ini lolos ke divisi I Liga Indonesia. Pada tahun 2015 klub ini bahkan bermain di divisi utama Liga Indonesia saat liga tertinggi di nusantara bernama Liga Super Indonesia.

4. Awalnya berjuluk Laskar Geger Cilegon, kini menjadi The Volcano

Kini Dimiliki Raffi Ahmad, Ini Profil Klub Cilegon United ANTARA FOTO/Atet Dwi Pramadia

Di awal klub berdiri, publik mengenal Cilegon United dengan julukan Laskar Geger Cilegon. Laskar Geger Cilegon sendiri erat kaitannya dengan peristiwa perlawanan petani dan kyai di Cilegon dalam melawan kolonialisme Hindia Belanda.

Namun belakangan waktu julukan itu berubah menjadi The Volcano sebagai lambang bahwa kota tempat klub ini bermarkas dekat dengan gunung api besa, yakni Gunung Krakatau.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya