TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Usai Pandemik, Ekonomi Kabupaten Tangerang Diklaim Sudah Normal

Pemasukan melalui pajak sudah meningkat kembali

Ilustrasi uang rusak. (ANTARA FOTO/Jojon)

Tangerang, IDN Times - Aktivitas sosial dan ekonomi di wilayah Kabupaten Tangerang, disebut telah kembali berjalan, seperti masa sebelum pandemik COVID-19. Hal itu, diketahui dari peningkatan pajak restoran dan hiburan di semester pertama tahun 2022 yang disumbang dari usaha restoran dan hiburan di wilayah tersebut.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tangerang Slamet Budi mengakui, realisasi penerimaan pajak dari sektor usaha hiburan dan restoran di Kabupaten Tangerang, telah melampaui target penerimaan.

"(penerimaan) naik dari tahun 2019. Untuk pajak restoran saja dari target semula sebesar Rp323 miliar sudah terlampaui. Makanya dalam RAPBD 2022 kita revisi, kita naikkan targetnya menjadi Rp386 miliar," kata Kepala Bapenda Kabupaten Tangerang, Slamet Budi, Jumat (16/9/2022).

Baca Juga: Tradisi-tradisi Etnis Tionghoa di Tangerang

1. Pajak restoran dan hiburan meningkat

Ilustrasi restoran (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Tak hanya untuk penerimaan pajak restoran yang disumbang dari penjualan makanan dan minuman. Pajak dari sektor hiburan di wilayah tersebut, juga dikatakan meningkat tajam.

"Pajak hiburan, kita dari target semula sebesar Rp35 miliar, kita naikkan menjadi Rp40 miliar dan sekarang dinaikkan kembali menjadi Rp50 miliar," jelas dia.

2. Aktivitas ekonomi sudah meningkat

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi (IDN Times/Arief Rahmat)

Dengan perolehan pajak dari sektor restoran dan hiburan yang telah melampaui target APBD murni tahun 2022 tersebut, Slamet menilai, aktivitas sosial ekonomi masyarakat di kabupaten Tangerang, kembali meningkat.

"Mudah-mudahan dengan berakhirnya pandemik, (roda perekonomian) ini kembali meningkat.  Perolehan tadi saja naik dibanding tahun 2019 lalu atau sebelum pandemik. Saya optimis akhir tahun semua target penerimaan dari dua sektor tersebut dapat tercapai," kata dia.

Baca Juga: Cafe di Tangerang Bernuansa Estetik, Siapkan Kamera!

Berita Terkini Lainnya