Comscore Tracker

Mau Dapat Cuan Fantastis? Budidayakan Nih 2 Jenis Cupang Ini

Ongkos pakan sama dengan jenis lain

Serang, IDN Times - Berbisnis ikan cupang atau ikan mungil yang memiliki nama lain  betta fish sangat menjanjikan di masa pandemik COVID-19. Tidak perlu waktu lama atau hanya tiga bulan saja bagi yang terjun di dunia ini sudah mendapatkan pundi-pundi keuntungan.

Namun jika kamu ingin mendapatkan keuntungan yang cukup fantastis, maka perlu diperhatikan dalam pemilihan indukan yang akan dibudidayakan.

Baca Juga: Cina Benteng dan Legenda Tjen Tji Lung di Tangerang 

1. Jenis ikan cupang Blue Rim dan Avatar

Mau Dapat Cuan Fantastis? Budidayakan Nih 2 Jenis Cupang IniInstagram/Avatar colection

Setidaknya ada dua jenis ikan cupang yang kini sedang naik dan membuat para penghobi berani merogoh kocek dalam-dalam. Kedua jenis itu adalah blue rim dan avatar. Maka disarankan untuk para breeder untuk membudidayakan dua jenis ikan ini jika ingin mendapatkan keuntungan dua kali lipat bahkan lebih ketimbang membudidayakan jenis ikan lain.

Padahal ongkos pakan yang dikeluarkan akan sama dengan jenis ikan lain.  "Jenis blue rim dan Avatar Gordon bisa lebih dari itu (keuntungannya) dua kali lipat lah. Bisa dikatakan makanan ya sama hasilnya bisa dua kali lipat," kata Dwi Haryono, salah satu breeder di Kota Serang, Selasa (17/11/2020).

2. Kisaran harga cupang jenis blue rim

Mau Dapat Cuan Fantastis? Budidayakan Nih 2 Jenis Cupang IniDok. Instagram/BlueRim College

Blue rim adalah ikan cupang Thailand yang memiliki warna dasar putih atau juga krem dan berwarna biru di bagian tepi atau seluruh siripnya. Kisaran harga ikan cupang jenis ini beragam, mulai dari 250 ribu hingga bahkan ada yang sampai 20 Juta, tergantung gradenya.

Biasanya dari ratusan telur, hanya 5-10 persen ikan yang menjadi cupang blue rim dengan kualitas yang baik. "Sementara harga indukan jenis ini mulai dari Rp300 ribu hingga Rp1 juta," katanya.

3. Harga ikan cupang jenis Avatar

Mau Dapat Cuan Fantastis? Budidayakan Nih 2 Jenis Cupang IniInstagram/Avatar colaction

Kemudian ikan cupang hias asal Thailand lain jenis Avatar. Ikan cupang yang memiliki warna didominasi warna gelap dengan mutiara disisik ini pun tergolong jenis ikan cupang yang cukup mahal mulai dari kisaran harga Rp100 ribu hingga Rp5 juta.

Cupang Avatar ini memiliki banyak jenis diantaranya, avatar gordon, avatar cooper, avatar red koi, avatar blue, avatar nemo, avatar candy dan masih banyak jenis lainnya dengan beragam warna unik yang mampu menarik perhatian para pecinta cupang.

 "Sementara harga sepasang indukan Avatar kisaran Rp150 ribu hingga Rp700 ribu," tuturnya.

Baca Juga: 7 Jenis Ikan Cupang Harga Selangit, Ada yang Dijual Rp25 Juta!

Topic:

  • Khaerul Anwar
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya