Comscore Tracker

Bandara Soetta Capai Rekor Tertinggi Penerbangan Sejak Pandemik

Libur akhir pekan sumbang angka terbanyak

Tangerang, IDN Times - Pengelola Bandara Soekarno-Hatta terus berupaya untuk memulihkan kembali pergerakan pesawat yang sempat merosot tajam saat pandemik COVID-19 berlangsung. Bandara ini pun mencapai rekor penerbangan tertinggi sejak pandemik.  

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, M. Awaluddin mengungkap, Bandara Soekarno-Hatta mencatat 540 penerbangan dan ini tertinggi COVID-19 mewabah di Indonesia.

1. Capaian ini diraih setelah ada long weekend

Bandara Soetta Capai Rekor Tertinggi Penerbangan Sejak Pandemik(IDN Times/Candra Irawan)

Libur panjang long weekend 20 – 23 Agustus 2020 menjadi periode paling sibuk di 19 bandara PT Angkasa Pura II (Persero) sejak pandemi global COVID-19.

Di Bandara Soekarno-Hatta, rekor frekuensi penerbangan pecah tiga kali. Pertama, pada 14 Agustus jumlah penerbangan mencapai 524 penerbangan atau tertinggi selama pandemi COVID-19. Lalu, rekor tersebut pecah pada 20 Agustus dengan 530 penerbangan, dan kemudian pada 23 Agustus frekuensi penerbangan kembali mencatatkan angka tertinggi yakni 540 penerbangan.

“Sektor penerbangan di negara yang memiliki pasar penerbangan domestik cukup besar seperti misalnya Indonesia, Amerika Serikat dan China mungkin saja dapat memulai fase pemulihan lebih awal,” jelas Awaluddin. 

Baca Juga: 7 Tips Beli Makanan dan Produk Lain di Bandara Soekarno-Hatta

2. Data penerbangan bandara lain di bawah AP II selama long weekend

Bandara Soetta Capai Rekor Tertinggi Penerbangan Sejak PandemikIlustrasi pesawat (IDN Times/Arief Rahmat)

Sementara itu, untuk pergerakan pesawat di 19 bandara dibawah naungan PT Angkasa Pura II pada 20 Agustus, pergerakan pesawat di 19 bandara mencapai 1.026 penerbangan dengan 85.462 penumpang. 

Kemudian pada 21 Agustus tercatat 883 penerbangan dengan 54.958 penumpang, sementara pada 22 Agustus sebanyak 867 penerbangan dengan 60.683 penumpang. 

Lalu lintas penerbangan tertinggi ada pada 23 Agustus yang mencapai 1.045 penerbangan dengan jumlah penumpang mencapai sekitar 95.000 penumpang, di mana angka penerbangan dan penumpang ini juga merupakan tertinggi sejak 1 April 2020.

Secara kumulatif pada libur panjang 20 – 23 Agustus 2020 terdapat 3.821 penerbangan yang mengangkut sekitar 296.000 penumpang di 19 bandara PT Angkasa Pura II. 

“Lalu lintas penerbangan pada long weekend kemarin cukup tinggi. Pada 23 Agustus, jumlah penerbangan dan penumpang pesawat merupakan yang paling tinggi sejak 1 April atau ketika pandemi mulai berdampak terhadap sektor penerbangan nasional. Di tengah tingginya penerbangan, bandara-bandara PT Angkasa Pura II tetap,” tutur Awaluddin. 

3. Bandara terapkan Safe Travel Campaign untuk penumpang

Bandara Soetta Capai Rekor Tertinggi Penerbangan Sejak PandemikIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Awaluddin menegaskan, pihaknya selalu mengutamakan kenyamanan penumpang dalam melakukan perjalanan. Dimana, salah satunya dengan Safe Travel Campaign yang terus digencarkan. 

"Kita terus memastikan bahwa penumpang merasa aman dan nyaman melakukan penerbangan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat seperti penyediaan hand sanitizer di banyak tempat, penerapan sosial distancing di kursi tunggu, dan lain sebagainya," kata Awaluddin. 

4. Aktifkan kembali rute penerbangan yang sempat ditutup

Bandara Soetta Capai Rekor Tertinggi Penerbangan Sejak PandemikBandara Soetta, Tangerang (IDN Times/Maya Aulia Aprilianti)

Di Bandara Internasional Soekarno-Hatta terdapat 83 rute penerbangan yang dijadwalkan di tengah pandemi ini. Sepanjang April – Juni 2020 rata-rata rute penerbangan yang dibuka hanya sekitar 50,5 persen per bulan, lalu kemudian meningkat sepanjang Juli dan 1-21 Agustus menjadi 62,3 persen per bulan. 

“Dari data tersebut maka pada Juli – Agustus 2020 rute yang dibuka meningkat 24 persen dibandingkan dengan April – Juni 2020,” jelas Awaluddin.

Baca Juga: Gak Bisa Tunjukkan SIKM di Bandara Soekarno-Hatta? Ada Sanksi Loh

Topic:

  • Maya Aulia Aprilianti
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya