Comscore Tracker

Ada Bazar Produk UMKM Kualitas Internasional di Ciputra Mall

UMKM disebut bisa jadi benteng dari resesi dunia

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Kementerian Perdagangan RI menggelar bazar produk pengusaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM) di Ciputra Mal, Citra Raya, Kabupaten Tangerang. Bazar tersebut digelar hingga 20 November mendatang.

Meski produk UMKM, pengunjung bisa mendapatkan produk-produk unggulan standar internasional, loh! Berbagai produk mulai dari makanan dan kudapan kemasan, aneka motif batik, model batik, hingga kerajinan tangan dipamerkan dalam gelaran tersebut. 

Direktur Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri Kemendag Krisna Ariza mengungkap, pihaknya terus berupaya menggairahkan perdagangan dalam negeri.

"Khususnya yang perlu perhatian lebih adalah teman-teman pelaku usaha kecil mikro menengah ya, jadi kami upaya terus gimana caranya produk mereka dikenal," tutur Krisna Ariza, Sabtu (19/11/2022).

Baca Juga: Pelaku UMKM Kota Tangerang Diharap Optimalkan Fungsi Medsos

1. Bazar juga diperuntukkan agar pelaku UMKM melek pemasaran

Ada Bazar Produk UMKM Kualitas Internasional di Ciputra MallIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Krisna menuturkan, dalam bazar tersebut, bukan hanya mempromosikan makanan kemasan dan fesyen saja, melainkan juga pembekalan UMKM agar melek digital dalam pemasaran.

Sebab, produk-produk UMKM pada perkembangannya sudah sangat maju dan melek kualitas. Buktinya, di pameran bertema 'Pameran Produk Artisan Nusantara' itu, mayoritas produk sudah cantik dalam kemasan dan memberikan tag produknya.

"Disamping itu, produk kemasan juga sudah layak pasarkan dalam dan luar negeri. Sudah dilebeli halal MUI, ada juga tadi yang sudah didaftarkan ke HAKI, jadi memang perkembangannya produk UMKM ini sudah sangat lebih baik," kata Krisna.

2. Kemendag harapkan pelaku UMKM bisa lebih berani di pasar lebih luas

Ada Bazar Produk UMKM Kualitas Internasional di Ciputra MallIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Untuk itu, Kemendag berharap produk UMKM banyak dikenal dan dicintai, lalu mendapat pasar yang lebih luas--terutama melalui pameran dan bazar. 

"Karena semakin berani pelaku UMKM memasarkan produknya lebih luas, maka akan lebih naik kelas," jelasnya.

3. UMKM bisa salah satu benteng dari resesi dunia

Ada Bazar Produk UMKM Kualitas Internasional di Ciputra MallIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Sementara itu, Irwanto Rasad selaku General Manager Mal Ciputra Tangerang mengungkap, ada 20 lebih pelaku UMKM yang ikut serta dalam pameran kali ini. 

"Bila mengutip data dari kementerian Keuangan, sebenarnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih kuat didukung oleh neraca perdagangan yang positif, konsumsi rumah tangga, dan arus masuk investasi sebagai penopang utama. Sehingga, perlu rasanya terus menerus memberi ruang bagi pelaku UMKM memperkenalkan produknya," tutur Irwanto.

Untuk mendukung perkembangan bisnis UMKM juga, pengelola mal berpendapat, bila growth mindset atau pola pikir berkembang menjadi modal utama bagi seluruh pelaku usaha untuk bisa tumbuh di tengah ancaman resesi dunia.

"Menjalankan bisnis memerlukan keahlian yang mumpuni di berbagai area, seperti marketing dan customer service, branding, sales, operation, teknologi dan manajemen keuangan. Walaupun kita tidak bisa ahli di semua bidang, namun kita bisa belajar dan berkembang, dibantu dengan kerja keras dan usaha yang konsisten, mampu mengatasi hambatan dan belajar dari pengalaman pebisnis yang lain," tuturnya.

Baca Juga: Dinkes Kota Tangerang Sidak Venue Porprov VI Banten  

Maya Aulia Aprilianti Photo Community Writer Maya Aulia Aprilianti

Trying to Love My Life

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya