Comscore Tracker

5 Makanan Sehat untuk Dikonsumsi Saat Puasa, Kenyangnya Awet

Enak dan sehat, makanan ini menjaga stamina tubuh kamu

Puasa membutuhkan tenaga dan kesehatan tubuh yang mumpuni. Salah satu cara menjaga stamina tubuh di tengah ibadah puasa adalah asupan nutrisi yang baik.

Makanan sehat sangat berpengaruh untuk tubuh di sepanjang hari. Perbedaannya bisa kamu rasakan saat memulai pola makan yang lebih sehat bahkan saat puasa, lho. Salah satu contohnya adalah lebih lama merasa kenyang.

Inilah 5 makanan sehat untuk dikonsumsi saat puasa.

Baca Juga: 5 Tips Menjalani Ibadah Puasa dengan Sehat, Tetap Semangat Yuk!

1. Chia seed

5 Makanan Sehat untuk Dikonsumsi Saat Puasa, Kenyangnya Awetilustrasi chia seed dengan sirup (Unsplash.com/Margaret Jaszowski)

Chia seed terlihat mirip dengan biji selasih, namun manfaat chia seed ini jauh lebih banyak. Mulai dari menurunkan berat badan, mengonsumsi chia seed juga bisa menjaga kadar gula darah, menjaga kesehatan tulang, melancarkan pencernaan, hingga memelihara kesehatan jantung.

Sebelum puasa, cukup merendamnya terlebih dulu dengan takaran satu sendok di dalam air, lalu bisa langsung dikonsumsi. Chia seed juga bisa dicampurkan dengan air, puding, atau smoothie.

2. Oatmeal

5 Makanan Sehat untuk Dikonsumsi Saat Puasa, Kenyangnya Awetilustrasi oatmeal (Unsplash.com/epicantus)

Bisa jadi pengganti nasi, nih! Oatmeal dianggap lebih sehat dan tidak mengandung tinggi gula seperti nasi sehingga cocok untuk dimakan sebelum puasa. Oatmeal nyatanya juga dapat membuat perut kenyang lebih lama karena mengandung tinggi serat.

Konsumsi oatmeal bisa dengan topping buah seperti pisang, apel, atau beri. Kreasi jadi dalam bentuk smoothie juga bisa, lho. Sehat tapi tetap terjamin enak.

3. Telur

5 Makanan Sehat untuk Dikonsumsi Saat Puasa, Kenyangnya Awetilustrasi telur (Unsplash.com/tamanna_rumee)

Menurut ahli gizi Bonnie Taub-Dix RDN, telur merupakan sumber protein terbaik. Harganya yang terjangkau dan dapat diolah ke beragam menu menjadikan telur sebagai pilihan makanan yang sangat baik. 

Beberapa masakan yang bisa dibuat ada telur orek, sayur tumis dengan telur, dll. Saat melakukan aktivitas seharian, tubuh kamu akan mencukupi kebutuhan di dalam dengan baik.

4. Alpukat

5 Makanan Sehat untuk Dikonsumsi Saat Puasa, Kenyangnya Awetilustrasi alpukat (Unsplash.com/thoughtcatalog)

Alpukat memiliki banyak manfaat dan kaya akan nutrisi. Selain itu, alpukat juga bisa meningkatkan stamina selama berpuasa. 

Kandungan serat di dalam buah ini termasuk tinggi. Alpukat bisa disantap dengan susu kental manis cokelat untuk pemanis atau dibuat jadi minuman jus. Sesuaikan selera masing-masing untuk menikmati buah sehat yang enak.

5. Daging rendah lemak

5 Makanan Sehat untuk Dikonsumsi Saat Puasa, Kenyangnya Awetilustrasi daging (Unsplash.com/Magda V)

Karbohidrat menjadi sumber energi utama, tapi protein juga tak kalah penting dibutuhkan tubuh. Kamu bisa mengonsumsi sedikit daging rendah lemak dalam menu makan sahur. 

Protein dapat memberi rasa kenyang lebih lama. Dengan protein dari daging, sistem metabolisme akan lebih kuat saat menjalani hari, lho.

Baca Juga: 5 Destinasi yang Cocok Dikunjungi Saat Puasa di Tangerang

Beberapa makanan di atas bisa jadi sumber energi dan nutrisi sehat untuk kamu saat puasa. Supaya bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik, jangan lupa konsumsi salah satu, ya. Semangat!

agatha dominique Photo Community Writer agatha dominique

insta: @agatha.dmq

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya