Comscore Tracker

7 Tempat Makan di Banten Sambil Wisata Kuliner, Gaskeun!

Pernah dengar nasi gonjleng? Kamu harus coba nih

Di mana ya tempat makan di Banten yang enak? Wisata kuliner memang bisa kok kamu lakukan di Banten. 

Ketika kamu sedang jalan-jalan, entah di kabupaten atau kota di Banten, melipir deh ke beberapa tempat makan di sana. Berbagai menu makanan khas siap memanjakan lidah dan perut. 

Jika kamu masih bingung mau ke mana, nih 7 tempat makan di Banten yang layak dicoba. Berangkat! 

1. Kedai Es Bu Tin/ Buntin

7 Tempat Makan di Banten Sambil Wisata Kuliner, Gaskeun!Kedai Es Bu Tin (Google/Rudyanto A Wibisono)

Berada di Pasar Lama Tangerang dan seberang Klenteng Boen Tek Bio, tempat makan di Banten ini cocok untuk melepas dahaga. 

Meski tampilan kedainya sederhana, tetapi tempat makan di Banten ini memiliki menu unik dan homemade. Misalnya es campur, putsal (putri salju) dengan topping serba putih, dan bumi hangus dengan topping serba hitam. 

Apa saja topping yang tersedia? Ada alpukat, cincau hitam, jeli, buah simanalagi, buah naga, kurma, kolang-kaling, pacar cina, kelapa, dan Nangka. Untuk sirupnya, ada vanila, sirsak moka, pisang ambon, kopi, gula jawa, dan cokelat. Yummy!

2. Nasi Gonjleng Hj Wiwik/Ida

7 Tempat Makan di Banten Sambil Wisata Kuliner, Gaskeun!Warung Nasi Gonjleng (Google/ Eri Soebowo)

Mirip seperti nasi kebuli, nasi gonjleng khas Cilegon terdiri dari nasi putih, kapulaga, bunga lawang beserta lauk-pauknya seperti daging sapi, acar, kerupuk emping, dan sambal goreng. 

Nasi gonjleng Hj Wiwik/Ida terletak di Jalan RA Kartini, Jombang Wetan, Kota Cilegon. Patokan tempat makan di Banten ini adalah samping Rumah Dinas Walikota Cilegon. Buka dari pukul 5 sore hingga 10 malam, mampir yuk sambil kulineran!

3. Nasi Uduk Encim Sukaria

7 Tempat Makan di Banten Sambil Wisata Kuliner, Gaskeun!nasi uduk (instagram.com/winatanurin)

Jalan ke Tangerang, mampirlah ke Nasi Uduk Encim Sukaria. Lokasi tempat makan di Banten ini di Jalan KH Soles Ali No. 90, Sukarsari, Tangerang. 

Tempat makan di Banten ini pernah disinggahi almarhum Bondan Winarno dan beberapa selebritas karena legendaris. 

Berdiri sejak tahun 1960, tempat makan di Banten ini menyediakan nasi uduk dengan tahu, semur kentang, semur jengkol, rempeyek, kerupuk, acar, bihun goreng. Hanya Rp10.000 saja, kamu sudah mendapat seporsi yang mengenyangkan. 

Ada nasi ulam dan ketupat sayur juga. Duh, jadi tidak sabar cicip! Buka dari Selasa-Minggu pukul 6.30 pagi – 12.30 siang, Senin tutup.

4. Rabeg Khas Serang Haji Naswi

7 Tempat Makan di Banten Sambil Wisata Kuliner, Gaskeun!Rumah makan Rabeg H Naswi Serang (Instagram/aurabeg87)

Nasi daging campur jeroan atau rabeg menjadi kuliner favorit masyarakat Banten. Cobalah Rabeg Khas Serang Haji Naswi. 

Lokasi tempat makan di Banten ini di Jalan Mayor Syafei No. 30, Kota Serang, Banten. Rumah makan ini termasuk populer di Kota Serang.

Selain karena daging rempahnya yang gurih dan kaya rasa, juga bisa menjadi teman makan bareng telur asin dan kerupuk. Praktis! 

Tempat makan di Banten ini buka dari pukul 10 pagi hingga 3 pagi. Yuk mampir!

Baca Juga: 10 Tempat Makan Keluarga di Tangerang Raya

5. Rumah Makan Ibu Entin

7 Tempat Makan di Banten Sambil Wisata Kuliner, Gaskeun!ikan bakar (instagram.com/jogjafood)

Salah satu tempat di Banten yang terkenal, Rumah Makan Ibu Entin layak dicoba. Menu andalannya adalah seafood seperti ikan bakar, dan otak-otak. 

Ada dua lokasi rumah makan ini, yakni di Jalan Raya Jenderal Sudirman, Kalanganyar, Labuan sebagai kedai pusat yang berdiri pada tahun 1986. Lalu cabangnya di Jalan Raya Serang-Pandeglang KM 5, Cipocok Jaya, Serang. 

Untuk kamu yang ngetrip ke Tanjung Lesung dan Ujung Kulon, mampir ya! 

6. Rumah Makan Ramayana

7 Tempat Makan di Banten Sambil Wisata Kuliner, Gaskeun!Rumah Makan Ramayana Rangkasbitung (Google/Robert Kindangen)

Tempat makan di Banten juga ada di Rangkasbitung, Kabupaten Lebak. Rumah makan ini berada di Jalan Multatuli No.71, Rangkasbitung, Lebak.

Kamu bisa mencoba menu favorit seperti aneka sate dan sop. Mulai dari sate kambing, sate ayam, sop kambing, sop ayam, sop buntut, nasi rames, ayam goreng kampung, dan sebagainya. 

Tempat makan di Banten ini buka dari pukul 8 pagi hingga 9 malam. Tapi, paling ramai dikunjungi saat makan siang. Hmm boleh dicoba nih! 

7. Rumah Makan Emak Yayah

Berada di Pandeglang, tempat makan di Banten ini menyajikan kuliner khas, yakni angeun lada. Sayur pedas berkuah merah ini berisi daging sapi jeroan, rebung, ikan, dan aneka rempah. Ketika dicicipi, ternyata tidak pedas lho. 

Patokan rumah makan dekat dengan SPBU Cadasari, tepatnya di Jalan Raya Serang, Pandeglang. Buka dari pukul 6 pagi hingga 9 malam, yuk mampir!

Baca Juga: Resep Angeun Lada Khas Banten yang Super Pedas dan Nikmat

Enak-enak ya kelihatannya? Yuk gaskeun ke 7 tempat makan di Banten tersebut! 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya