Comscore Tracker

9 Oleh-oleh Khas Tangerang Selatan yang Wajib Dibawa Pulang

Dari dodol sampai tahu, semua ada di Tangsel

Ketika berkunjung ke Tangerang Selatan, rasanya kurang pas jika tidak membawa pulang oleh oleh khas Tangerang Selatan. Berikut beberapa oleh-oleh paling hits khas Tangerang Selatan yang wajib dibeli.

1. Dodol Cilenggang

9 Oleh-oleh Khas Tangerang Selatan yang Wajib Dibawa PulangInstagram/dodolspesial_titimugijaya

Dodol Cilenggang menjadi salah satu makanan khas Tangerang Selatan yang cocok untuk dibeli sebagai oleh-oleh. Dodol Cilenggang memiliki warna yang terlihat hitam pekat karena terbuat dari beras ketan.

Dodol ini biasanya berukuran cukup besar, sehingga ada baiknya dipotong terlebih dahulu jadi potongan-potongan kecil sebelum dimakan. Dodol Cilenggang yang beredar di toko oleh-oleh memiliki bentuk yang beragam, ada yang lonjong dan bulat.

2. Gecom

9 Oleh-oleh Khas Tangerang Selatan yang Wajib Dibawa PulangCookpad.com/Siswaty Elfin Bachtiar

Gecom terbuat dari kombinasi antara tauge dan oncom yang membuat rasa dari makanan khas Tangerang Selatan ini cenderung unik. Supaya rasanya lebih beragam, Gecom biasanya disajikan dengan dituangi kecap manis, dan makanan ini sangat direkomendasikan untuk dijadikan oleh-oleh.

3. Laksa Ciater

9 Oleh-oleh Khas Tangerang Selatan yang Wajib Dibawa Pulangfeastingathome.com

Jenis oleh oleh khas Tangerang Selatan berikutnya adalah Laksa Ciater yang terbuat dari tepung beras dan bentuknya menyerupai getuk. Laksa Ciater biasanya dipotong berbentuk kotak kecil, kemudian disiram dengan sayur laksa yang kuahnya encer dan dilengkapi kacang kedelai.

4. Emping Menes

9 Oleh-oleh Khas Tangerang Selatan yang Wajib Dibawa PulangInstagram/empingmenes_rb

Emping Menes merupakan makanan khas Tangerang Selatan yang menyerupai emping melinjo, karena juga terbuat dari melinjo. Emping Menes terbuat dari melinjo yang dipipihkan dan kemudian digoreng dan diberi berbagai bumbu rasa.

Saat membelinya di toko oleh-oleh, Anda bisa memilih untuk membeli Emping Menes dengan rasa original, pedas, manis dan lainnya.

5. Sangon Bakar

9 Oleh-oleh Khas Tangerang Selatan yang Wajib Dibawa Pulanglotusgardenhotel.com

Sangon Bakar merupakan salah satu kue kering khas Tangerang Selatan yang diolah dengan cara dipanggang dengan oven. Kue kering ini memiliki rasa yang gurih dan lezat, cocok dijadikan sebagai cemilan untuk perjalanan ataupun oleh-oleh.

6. Kue Apem

9 Oleh-oleh Khas Tangerang Selatan yang Wajib Dibawa PulangApem panggang (instagram.com/dira_kitchen)

Beralih ke jenis kue, Tangerang Selatan memiliki aneka jenis kue tradisional, dan salah satunya adalah Kue Apem. Kue Apem memiliki rasa yang khas, sehingga sering dijadikan sebagai oleh oleh, namun biasa juga dijadikan sebagai cemilan.

7. Sirup Rosella

9 Oleh-oleh Khas Tangerang Selatan yang Wajib Dibawa PulangMinuman dari kelopak bunga Rosella hasil penelitian Fakultas Farmasi Unhas. Humas Unhas

Tidak hanya membeli oleh-oleh berupa makanan, Anda juga bisa membeli oleh-oleh minuman, seperti Sirup Rosella. Minuman ini terbuat dari Bunga Rosella dan memiliki rasa manis alami, sehingga aman untuk dikonsumsi.

Sirup Rosella kini sedang menjadi salah satu oleh oleh khas Tangerang Selatan yang banyak diminati para wisatawan. Minuman sirup ini dikemas dalam kemasan botol dan warnanya terlihat segar, bebas dari bahan pewarna ataupun pengawet.

8. Tahu Serpong

9 Oleh-oleh Khas Tangerang Selatan yang Wajib Dibawa PulangInstagram/budi_gunawan58

Tahu Serpong umumnya memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda dengan olahan tahu pada umumnya dan rasanya lezat. Jika ingin membelinya, Anda bisa langsung mengunjungi pusat penjual Tahu Serpong yang berada di kelurahan muncul.

9. Kue Jorong

9 Oleh-oleh Khas Tangerang Selatan yang Wajib Dibawa Pulanginstagram.com/galerifasihah_/

Selain Kue Apem, Anda juga bisa menemukan Kue Jorong yang terbuat dari tepung kanji, gula merah, dan tepung beras. Rasa Kue Jorong sangat manis berkat gula merah kental, dan kue ini cocok dijadikan sebagai cemilan pendamping minuman hangat.

Kue Jorong atau Jojorong biasanya dikemas dalam wadah dari daun pisang, dan akan disirami gula merah saat akan dikonsumsi. Rasa manis dari Kue Jorong berasal dari gula merah asli, dan kue khas Tangerang Selatan ini dijamin menggunakan bahan-bahan alami.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Pempek Ciamik di Tangerang, Melipir Coba, yuk!

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya