Comscore Tracker

Buka Puasa dengan Menu Tradisional Langka di Novotel Tangerang

Makanan yang satu ini makin sulit loh kamu temukan 

Tangerang, IDN Times - Bulan Ramadan dimanfaatkan sebagian orang untuk berburu kuliner yang tak biasa. Hal tersebut pun menjadi kesempatan berbagai restoran untuk menyediakan menu spesialnya yang hanya bisa ditemui di bulan suci ini.

Salah satunya, The Square Novotel Tangerang yang menyediakan menu tradisional yang langka. Namanya ayam sampyok. Tahukah kamu, menu ini merupakan kuliner tradisional Betawi yang hampir punah loh.

"Jadi di Novotel Tangerang ada guideline tahun ini temanya Wonderful Indonesia, makanya kita sediakan masakan khas Indonesia yang udah langka," kata Benvi Oskarino, Executive Sous Chef Novotel Tangerang, Sabtu (9/4/2022).

Baca Juga: Pertengahan Ramadan, Pemkab Tangerang Bakal Buka PTM 100 Persen

1. Teknik memasak ayam sampyok cukup rumit

Buka Puasa dengan Menu Tradisional Langka di Novotel TangerangIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Benvi mengungkapkan, ayam sampyok memang menjadi salah satu menu dengan teknik memasak yang rumit. Bahan dasar ayam, imbuhnya, dimasak dengan berbagai rempah. Bumbunya terdiri dari dengan bumbu dihaluskan dan ditumis.

Lalu ayam dimasak dan diungkep hingga berwarna kecokelatan menggunakan bumbu kacang dan ditambah santan kelapa. Kemudian ditambahkan lada hitam.

Sesuai dengan namanya, ayam sampyok adalah ayam yang diguyur dengan bumbu. Setelah diungkep maka setelah itu dibakar. Barulah setelah itu ayam siap disantap.

"Ayam sampyok ini merupakan makanan akulturasi budaya, antara Betawi dan Tionghoa," jelasnya.

Selain ayam sampyok, terdapat pula menu sayur besan. Panganan ini juga merupakan panganan khas Betawi yang biasanya ada di hajatan. Sayur Besan terbuat dari tanaman terubuk yang saat ini sudah jarang ditemui.

2. Novotel Tangerang juga menyediakan makanan Timur Tengah

Buka Puasa dengan Menu Tradisional Langka di Novotel TangerangIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Tak hanya menu tradisional, Benvi juga mengungkapkan, terdapat makanan Timur Tengah yang biasanya dicari oleh pengunjung saat Bulan Ramadan. Tahun 2022 ini, menu Timur Tengah di Novotel Tangerang berasal dari Qatar, seperti Beef Shawarma, Chicken Mandhi, dan Nasi Kabsah.

"Makanan Timur Tengah punya cita rasa beragam ya, meskipun nama makanannya sama namun cita rasanya berbeda, untuk Tahun ini kami lebih mengambil cita rasa Negara Qatar," jelasnya.

3. Kuliner utama itu dilengkapi berbagai dessert tradisional maupun internasional

Buka Puasa dengan Menu Tradisional Langka di Novotel TangerangIDN Times/Maya Aulia Aprilianti

Tak hanya menu utama, Benvi mengungkapkan, terdapat pula menu penutup atau dessert, baik tradisional maupun internasional.

"Dessert ada Baklava, Uum Ali, Blueberry Mouse, Colenak, dan lain sebagainya," tuturnya.

Untuk menikmati menu-menu tersebut, kamu bisa membayar dengan harga Rp288ribu saja per orang. Terlebih, saat ini sedang ada promo beli 4 gratis 1 dengan langsung menghubungi Instagram @novoteltangerang. 

Selamat berpuasa bagi seluruh umat Muslim di Indonesia!

Baca Juga: Kamu Pecinta Kuliner? Wajib Coba 9 Tempat Makan di Tangerang Raya Ini

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya