Comscore Tracker

Mooncake Festival Khas Etnis Tionghoa Ada di Hotel Mewah Tangerang

Kue bulannya diimpor langsung dari Tiongkok, lho!

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Mooncake Festival atau festival kue bulan merupakan salah satu festival khas etnis Tionghoa untuk merayakan mid autum atau hari pertengahan musim gugur alias panen raya. Hari perayaan ini begitu ramai diperingati setiap tahunnya, bahkan menjadi perayaan terbesar kedua setelah Tahun Baru Imlek. 

Masyarakat Tionghoa mendedikasikan acara ini untuk berterima kasih kepada para dewa atas hasil bumi yang diterima. Nah, salah satu tempat yang melaksanakan Mooncake Festival yakni Hotel JHL Solitaire yang berada di kawasan Gading Serpong, Kabupaten Tangerang. Lalu, bagaimana perayaannya?

1. Kue bulan diimpor langsung dari Tiongkok

Mooncake Festival Khas Etnis Tionghoa Ada di Hotel Mewah TangerangIDN Times/Dok. JHL Solitaire

Linda Muhlis, selaku General Manager JHL Solitaire Gading Serpong mengatakan, dalam perayaan ini, kue bulan menjadi ikon festival ini bakal diimpor langsung dari negeri tirai bambu. Hal tersebut agar pengunjung bisa menemukan kue bulan yang autentik.

"Meski diimpor dari China, tapi dijamin bahan yang digunakan halal, sudah certified, sehingga bagi muslim yang keturunan Tionghoa jika ingin ikut merayakan festival ini juga bisa," kata Linda, Sabtu (10/9/2022).

Isiannya terdiri dari talas atau bisa diganti dengan ketan hitam dan ditengahnya sendiri terdapat kuning telur asin. Sehingga rasa yang dihadirkan adalah perpaduan manis dan gurih dari telur asin, sangat pas dan enak sebagai teman teh hangat.

Untuk harga, pihaknya juga menyediakan sebanyak 1.200 paket kue bulan lengkap dengan tea set dijual Rp 1.680.000 per paketnya.

"Jadi moon cake ini sengaja kami impor langsung dari Cina, dimana, kami satukan dengan tea set karya Profesor Zheng, seniman Cina khusus tea cup atau tea set," ungkap Linda.

2. Festival dibalut konsep fine dining

Mooncake Festival Khas Etnis Tionghoa Ada di Hotel Mewah TangerangIDN Times/Dok. JHL Solitaire

Untuk merasakan kemewahan festival ini, hotel bintang lima ini juga bakal menyediakan suguhan kue bulan yang dibarengi berbagai menu makan malam mewah ala fine dining yang menggandeng Royal Eight Chinese Restaurant. Event ini akan diselenggarakan di lantai 15. 

"Hanya ada 250 tamu undangan yang bisa mengisi jamuan makan mewah khas dapur Cina, itu pun dibanderol dengan harga belasan juta untuk 10 orang tamu, untuk tahun ini kami menggelar di tanggal 11 September, hari Minggu ini," jelasnya.

Untuk harga termasuk makan malam mewah, pengelola hotel ini menyediakan harga Rp 18.850.000 untuk 10 pack atau tamu undangan. 

"Dan itu semua sudah sold out, terjual habis," ungkap Linda.

Dengan harga Rp18 juta lebih itu, para pengunjung disuguhkan penampilan dari penyanyi jebolan ajang pencarian bakat Putri Ayu, dan juga setiap tamu akan dibuatkan kaligrafi Cina bertuliskan masing-masing namanya. 

"Kemudian dilipat dengan cara digulung, khas surat-surat zaman dulu di negeri tirai bambu tersebut, itu free sudah termasuk paket," ungkapnya.

3. Terdapat pilihan menu khas pertengahan musim gugur Tiongkok

Mooncake Festival Khas Etnis Tionghoa Ada di Hotel Mewah TangerangIDN Times/Dok. JHL Solitaire

Bernard Jhonson selaku Executive Sous Chef JHL Solitaire Gading Serpong mengatakan, untuk Mid Autum, bukan hanya wajib menyediakan kue bulan, tapi juga tidak bisa lepas dari bahan masakan seperti talas, lotus, labu kuning dan juga bebek. Makanya, set menu yang disediakan terdiri dari bahan dasar tersebut, dengan berbagai varian masakan khas chinese food. Ada 9 set menu yang disediakan, seperti Royal 8 Combination Platter atau

Hidangan Kombinasi Royal 8, Slow Cooked Hearty Fish & Sea Treasure Soup in Kabocha Pumpkin atau Sup hipio dengan seafood ala tham dalam labu kuning. 

"Kami akan menyediakan sup ini di dalam pumpkin atau labu kuning seberat 400-500 gram. Supnya berbagai macam seafood," ungkap Bernard.

Lalu, set menu selanjutnya Hand Dive Abalone 8 Angsio Style with Wild Black Mushroom atau angsio abalone 8 kepala dengan hoisom jamur hitam. Menu ini mencampurkan Abalone yang merupakan lauk yang wajib ada di chinese food yang akan dicampur dengan segarnya jamur hitam.

Steamed Ocean Pearl Spotted Grouper with Chives atau tim ikan kerapu mutiara dengan ikura. Lalu, masakan khas Festival Kue Bulan lainnya adalah Shallow Fried Marinated Duck with Yam atau marinasi bebek goreng dibalut dengan lapisan talas.

"Bebek goreng ini akan dilapisi oleh talas, jadi ketika dipotong ada sensasi kres! Garing dari talas dan lembut bebek yang menyatu," ungkapnya.

Sementara, ciri khas lain adalah masakan Wok Fried Lotus Roots with Assorted Vegetables atau tumis akar teratai dengan aneka sayuran. Wok Fried Rice with Prawn Szechuan Style atau nasi goreng udang ala szechuan, dan penutupnya ada Black Stick Rice Pudding with Pumpkin and Coconut Liquid atau pudding ketan labu dan santan kelapa.

Nah, itulah salah satu tempat di Tangerang yang merayakan festival tahunan bagi etnis Tionghoa, yakni Mooncake Festival. Jika kamu tertarik mencoba, bisa langsung hubungi hotel tersebut, ya!

Topic:

  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya