Comscore Tracker

Nasi Jagal Khas Tangerang yang Melegenda

Tampilan sederhana rasanya bikin ketagihan

Kota Tangerang, IDN Times - Mendengar nama makanan Nasi Jagal ini, kesan ngeri  langsung terlintas di benak. Jelas saja kalau ada kata "jagal" biasanya akan terbayang yang sadis-sadis.

Tapi berbeda dengan yang satu ini, meskipun namanya terdengar sadis ternyata Nasi Jagal merupakan kuliner khas yang melegenda di Kota Tangerang loh. Buat yang belum tahu nih, Nasi Jagal memiliki cita rasa yang sangat nikmat. 

Nasi hangat dan potongan daging dengan bumbu khasnya, kemudian ditaburi bawang goreng memang terlihat sederhana, tapi setelah dicoba dijamin bakal ketagihan.

Baca Juga: Sempat Jadi Buah Bibir, RSUD Tangerang Belum Penuh Jadi RS Syariah

1. Asal-usul Nasi Jagal

Nasi Jagal Khas Tangerang yang MelegendaIDN Times/Muhamad Iqbal

Asa muasal nama Nasi Jagal pun cukup unik juga, yaitu karena makanan ini dijajakan di daerah sekitar Rumah Potong Hewan (RPH) milik Pemerintah Kota Tangerang, yang berada di Jalan Bayur Periuk, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang.

Info yang didapat dari para penjual, awalnya Nasi Jagal ini dijual oleh orang Madura yang tinggal di Tangerang, dan mengolah daging sapi bagian yang empuk seperti daging kepala, gajih, ataupun jeroan yang diambil dari penjagalan, kemudian dimasak dengan bumbu kecap ala Madura untuk dijual pada para pekerja di penjagalan atau pun warga sekitar.

Dari sekadar makanan sederhana untuk para pekerja di penjagalan, makanan itu malah menjadi populer. Kepopulerannya sekarang justru melegenda, sehingga akhirnya menjadi makanan khas Tangerang yang dicari dan digemari banyak orang.

2. Nasi Jagal khas Tangerang ini cuma ada di daerah Bayur

Nasi Jagal Khas Tangerang yang MelegendaIDN Times/Muhamad Iqbal

Nasi Jagal khas Tangerang ini cuma ada di daerah Bayur. Tepatnya di Jalan Bayur, Periuk, Kota Tangerang. Jaraknya sekitar 6 kilometer dari pusat pemerintahan Kota Tangerang dan 1,5 kilometer dari Pintu Air 10 Sungai Cisadane.

Jika kamu sedang merencanakan perjalanan ke Tangerang dan ingin mencicipi nasi ini, silakan datang ke warung-warung penjual Nasi Jagal yang berderet di kawasan itu.

Mereka berjualan selama 24 jam alias nonstop. Tapi ingat, tetap terapkan protokol kesehatan ya karena saat ini pandemik belum berlalu.

3. Nasi Goreng Jagal juga gak kalah enak loh

Nasi Jagal Khas Tangerang yang MelegendaIDN Times/Muhamad Iqbal

Selain Nasi Jagal, ternyata ada menu olahan lain yang sama lezatnya di kios-kios nasi jagal yang berderet di sepanjang jalan daerah penjagalan tersebut, yaitu Nasi Goreng Jagal.

Sama seperti Nasi Jagal, Nasi Goreng Jagal ini hanya berbeda di nasinya saja. Jadi seperti nasi goreng pada umumnya, tetapi dimasak dengan daging sapi khas Nasi Jagal. Rasanya sama-sama lezat. Oh iya, biasanya Nasi Jagal ini juga selain dinikmati dengan sambal cabai yang pedas, bisa di tambah dengan emping dan kerupuk, atau telur asin, sehingga membuat kuliner Nasi Jagal ini semakin nikmat.

4. Seporsi Nasi Jagal Rp12.000 dan Nasi Goreng Jagal Rp13.000

Nasi Jagal Khas Tangerang yang MelegendaIDN Times/Muhamad Iqbal

Untuk nyobain makanan seenak dan sekenyang ini, kalian hanya cukup mengeluarkan uang Rp12.000 untuk satu porsi Nasi Jagal dan Rp13.000 untuk satu porsi Nasi Goreng Jagal. 

Baca Juga: Usai Lebaran, Ratusan Pencari Kerja ke Disnaker Tangerang Setiap Hari

Topic:

  • Sunariyah
  • Antonius Putu Satria
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya