Comscore Tracker

9 Oleh-Oleh Khas Banten yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Cocok banget nih buat orang terdekat kamu di rumah

Apakah kamu sedang berada di Banten karena suatu urusan? Nah, sembari menyelesaikan urusanmu, kamu juga bisa sambil mencari jajanan untuk oleh-oleh.

Ada beberapa oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang, baik untuk tetangga atau keluarga. Banten kaya dengan aneka makanan dan barang unik khas Suku Baduy.

Tapi, kamu perlu ingat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan ya saat membeli ataupun mengerjakan segala urusan kamu di Banten. 

1. Sate Bandeng

9 Oleh-Oleh Khas Banten yang Wajib Kamu Bawa PulangKuliner Serang (blog.elevenia.co.id)

Sate bandeng merupakan makanan khas Serang. Namun, kamu bisa menemukan kuliner satu ini di hampir semua wilayah Banten. 

Sate yang bercita rasa gurih, asin serta memiliki cita rasa yang unik ini diolah dengan bumbu yang menggugah selera. Namun perlu diperhatikan seberapa jauh perjalanan kamu pulang, karena sate ini cenderung tidak tahan lama.

Baca Juga: Resep Pecak Bandeng Khas Banten, Pedasnya Mantap

2. Dodol Ny Lauw

9 Oleh-Oleh Khas Banten yang Wajib Kamu Bawa PulangDodol Ny. Lauw (dodolnylauw55.business.site)

Dodol khas Tanggerang ini menjadi rekomendasi oleh-oleh selanjutnya. Dodol Ny Lauw sendiri tidak bisa ditemukan di tempat lain loh.

Dengan cita rasa manis, tekstur yang empuk serta tidak lengket, dodol ini cocok menjadi buah tangan kamu sehabis berkunjung ke Tangerang. Dodol ini pun memeiliki varian rasa yang bisa kamu pilih untuk dibawa pulang.

3. Ketan Bintul

9 Oleh-Oleh Khas Banten yang Wajib Kamu Bawa PulangKetan Bintul (kabarbanten.pikiran-rakyat.com)

Kental bintul juga merupakan makanan khas Serang. Ketan yang diolah hingga menyerupai ketan tumbuk ini dilengkapi dengan taburan topping yang gurih.

Oleh-oleh ini gak sulit kamu temukan di pasar tradisional maupun sentra oleh-oleh kuliner.

4. Bolu Tape Benteng

9 Oleh-Oleh Khas Banten yang Wajib Kamu Bawa PulangBolu Tape Benteng (jejakpiknik.com)

Bolu tape benteng jadi kuliner selanjutnya yang dapat jadi pilihan buah tangan kamu jika berkunjung ke Tangerang.  Dengan banyak varian rasa serta topping, ini akan membuat kamu lebih leluasa memilih rasa apa yang ingin dibeli dan dibawa pulang.

Bolu berbahan dasar tepung dan tape ini sendiri diolah hingga menghasilkan teksture yang lembut serta rasa yang manis., cocok untuk kamu berikan ke orang terdekat yang menunggu di rumah.

5. Kue Gipang

9 Oleh-Oleh Khas Banten yang Wajib Kamu Bawa Pulangkue gipang (cilegonhills.id)

Ada yang menyebut kue ini khas Cilegon, namun ada juga yang menyebut asalnya dari Serang. Namun, satu hal yang pasti, kue ini oleh khas dari Banten ya.

Kue ini memiliki rasa manis dan tekstur yang sedikit lengket. Kue ini paling mantap saat disantap bersama teh atau kopi sembari bersantai.

Sangat mudah menjumpai kue dengan bahan dasr ketan dan air gula ini. Kamu cukup mengunjungi pusat oleh-oleh, kamu akan menemukan kue gipang dengan berbagai varian rasa.

6. Ceplis

9 Oleh-Oleh Khas Banten yang Wajib Kamu Bawa PulangCeplis (pesonanusantara.co.id)

Oleh-oleh khas Tangerang lainnya adalah Ceplis. Makanan ringan ini dibuat dari buah melinjo. Gak heran, sekilas mirip emping ya. 

Kamu dapat menemukan Ceplis di sentra oleh-oleh baik yang masih mentah maupun sudah digoreng. Selain itu Ceplis juga tahan lama untuk dibawa perjalan jauh terlebih yang belum dimasak.

7. Sagon Bakar

9 Oleh-Oleh Khas Banten yang Wajib Kamu Bawa Pulangsagon bakar (merahputih.com)

Sagon Bakar menjadi rekomendas oleh-oleh selanjutnya untuk kamu. Dengan cita rasa yang gurih ditambah tekstur yang lembut membuat kuliner ini cocok untuk kamu jadikan oleh-oleh. Sagon bakar sendiri memiliki berbagai varian rasa dan bisa mendapatkannya di pusat-pusat kuliner di Tangerang. 

8. Tas Khas Baduy

9 Oleh-Oleh Khas Banten yang Wajib Kamu Bawa Pulangtas khas baduy (indonesiakaya.com)

Selain kuliner, kamu juga bisa menjadikan tas Baduy ini sebagai oleh-oleh. Suku Baduy yang mendiami wilayah Lebak memang kaya akan barang eksotik. 

Tas ini terbuat dari bahan yang unik serta ramah lingkungan, tas ini banyak diminati wisatawan loh. 

Baca Juga: Di Balik Ritual Kawalu Suku Baduy Dalam, Doa dan Puasa untuk Indonesia

9. Sirup Rosella

9 Oleh-Oleh Khas Banten yang Wajib Kamu Bawa Pulangsirup rosella (sekarpedia.com)

Selain makanan, Banten juga terkenal dengan satu minuman khas, yakni sirup rosella.  Berasal dari rosella, sirup ini memiliki manfaat yang baik untuk tubuh.

Dengan cita rasa manis, sirup ini terbuat dari bunga rosella loh. Tak hanya enak, sirup ini juga sehat karena bunga rosella yang kemerahan itu mengandung vitamin C, vitamin B3 (niasin) dan vitamin B9 (folat).

Nah Sudah liat kan oleh-ole khas Banten itu apa aja. Jika kamu belum bisa berkunjung saat ini, kamu bisa datang ketika Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sudah selesai ya. 

Sementara itu, jaga kesehatan kamu.

Penulis: Agung Pratama Satria

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya