Comscore Tracker

Bersihkan Sampah di Pantai Tangerang, Ini Pesan Pemeran Film Gundala

Pemeran film Gundala mengkampanyekan bebas sampah plastik

Kabupaten Tangerang, IDN Times - Pemain film Gundala bersama Seasoldier membersihkan sampah di Pantai Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu (24/8). Abimana Aryasatya, Kelly Tandiono, Marissa Anita, Hannah Alrashid bersama anggota Seasoldier dan masyarakat terlihat mengambil sampah-sampah yang berserakan di salah satu destinasi wisata Kabupaten Tangerang.

Aksi tersebut tidak hanya bertujuan membersihkan sampah yang mayoritas merupakan hasil konsumsi manusia, tetapi juga untuk mengkampanyekan pengurangan terhadap penggunaan plastik yang dapat mencemari lingkungan.

1. Pemeran Gundala dan Seasoldier ajak masyarakat bersihkan sampah

Bersihkan Sampah di Pantai Tangerang, Ini Pesan Pemeran Film GundalaIDN Times/Candra Irawan

Abimana Aryasatya mengatakan, aksi bersih sampah di pantai atau Beach Clean Up yang melibatkan pemeran film Gundala dan Seasoldier, merupakan langkah yang nyata untuk mengajak masyarakat dan menjaga lingkungan dari sampah plastik.

"Seasoldier-nya yang utama karena kita mau lebih banyak orang lagi yang gabung ke mereka, karena mereka butuh Sumber Daya Manusia (SDM) yang sebanyak-banyaknya," jelasnya kepada IDN Times.

2. Kurangi sampah bisa dimulai dari diri sendiri

Bersihkan Sampah di Pantai Tangerang, Ini Pesan Pemeran Film GundalaIDN Times/Candra Irawan

Menurut Abimana, bila membersihkan lingkungan dari sampah sebenarnya tidak perlu dilakukan dalam event atau interval waktu tertentu. Abimana mencontohkan, bila masyarakat dapat membersihkan sampah sambil berlibur di pantai dengan menyempatkan waktu 30 menit sampai 1 jam saja.

"Bersihkan pantai dahulu terus habis itu mereka berenang, having fun dan pulang. Jadi kalau semua orang bisa melakukan itu pantai pasti bersih atau dimulai dari kesadaran diri dahulu dengan setop menggunakan plastik, kalau belum bisa setop sepenuhnya ya kurangi," ujarnya.

Baca Juga: Gundala, Film Superhero Asli Indonesia Garapan Joko Anwar

3. Aksi kecil bisa berdampak besar untuk lingkungan

Bersihkan Sampah di Pantai Tangerang, Ini Pesan Pemeran Film GundalaIDN Times/Candra Irawan

Sementara itu pemeran film Gundala, Kelly Tandiono mengungkapkan, kegiatan itu merupakan kegiatan pertama yang dilakukan bersama tim Gundala, tetapi bagi Kelly membersihkan sampah sudah sering dilakukannya. Menurut Kelly, membersihkan sampah selama satu minggu sekali sudah sangat bagus untuk menjaga lingkungan.

"Menurut aku sudah bagus banget sih dan mungkin bakal bersih ya, itu aksi-aksi yang kecil tetapi kalau kita lakukan dengan rutin itu pasti akan membuat dampak yang sangat beaar sih," katanya.

4. Kelly sudah terapkan pengurangan plastik

Bersihkan Sampah di Pantai Tangerang, Ini Pesan Pemeran Film GundalaIDN Times/Candra Irawan

Kelly mengaku dirinya sendiri sudah mampu mengurangi penggunaan plastik, dengan membawa tumbler setiap hari. Apalagi dirinya juga kerap meminta untuk tidak menggunakan plastik ketika makan di luar rumah.

"Kalau shopping aku juga pakai tote bag sendiri untuk belanja, memang harus diterapkan dan mungkin susah ya kalau setiap hari. Tetapi kalau kita terapkan setiap hari dan setiap saat mungkin akan terbiasa," ucap Kelly.

Baca Juga: Selain Gundala, 7 Superhero Ini Akan Hadir di Jagat Sinema BumiLangit 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You