Comscore Tracker

Deskripsi dan Nilai Penting Arti Lambang Kota Tangerang

Di balik lambang ini, ada makna mendalam

Setiap daerah di Tanah Air memiliki lambang yang sarat makna mendalam. Salah satunya Kota Tangerang.

Adapun kota Tangerang terletak di provinsi Banten, Indonesia. Berikut di bawah ini adalah penjelasan mengenai arti lambang kota Tangerang.

Baca Juga: Dear Pencari Kerja, Virtual Job Fair Kota Tangerang Digelar Besok

1. Roda mesin

Deskripsi dan Nilai Penting Arti Lambang Kota TangerangIlustrasi industri/pabrik. (IDN Times/Arief Rahmat)

Gambar roda mesin yang ada di lambang kota Tangerang melambangkan bahwa kota ini adalah kota Industri. Hal tersebut terbukti dengan adanya banyak industri atau pabrik yang tumbuh di kota ini. 

Banyaknya industri atau pabrik di kota ini, membuat banyak para pencari kerja mencari kerja di kota ini. Terdapat dua buah lingkaran dalam roda mesinnya, dan itu melambangkan bulan jadi kota Tangerang, yaitu bulan Februari. Seperti diketahui bahwa hari jadi kota Tangerang adalah 28 Februari 1993. 

2. Bintang

Sesuai dengan sila pertama Pancasila, lambang bintang yang ada di lambang Tangerang melambangkan keagamaan. Selain itu, gambar ini juga mencerminkan bahwa masyarakat kota ini adalah masyarakat yang agamis. 

Berarti sudah semestinya masyarakat kota Tangerang beribadah sesuai dengan agamanya masing-masing, dan menjaga kerukunan antar umat beragama yang beragam. Tidak hanya antar sesama umat muslim, tapi juga antara umat Katolik, Islam, Kristen, Budha, dan Hindu jika semua agama tersebut bertinggal di Tangerang.

3. Riak air

Deskripsi dan Nilai Penting Arti Lambang Kota TangerangSungai Cisadane (IDN Times/Muhamad Iqbal)

Gambar ini menyimbolkan sungai Cisadane yang mengalir di kota ini. Sungai ini telah memberikan kesuburan dan manfaat untuk masyarakat kota Tangerang. Dua puluh delapan gelombang riak air melambangkan tanggal jadi kota Tangerang, yaitu tanggal 28. 

Sungai Cisadane adalah salah satu sungai besar yang ada di Tatar Pasundan (Pulau Jawa), dan bermuara di Laut Jawa. Sungai ini melalui kota Tangerang sehingga tersirat di dalam lambang Tangerang.

4. Landasan pacu

Deskripsi dan Nilai Penting Arti Lambang Kota TangerangBandara Soekarno-Hatta (IDN Times/Kevin Handoko)

Gambar landasan pacu yang ada di dalam arti lambang kota Tangerang melambangkan adanya Bandara Soekarno Hatta. 

Selain itu gambar ini juga mencerminkan semangat pacu yang ada di diri masyarakat Tangerang untuk mencapai cita-cita pembangunan. Sembilan tanda batas di landasan pacu segitiga lampu landasan melambangkan tahun jadi kota Tangerang, yaitu tahun 1993.

5. Gerigi roda besi

Lambang ini mencerminkan bahwa Indonesia merdeka pada tanggal 17, yaitu berupa 17 gerigi roda besi. Jadi, gambar ini memberi tahu bagi orang yang melihat lambang kota Tangerang bahwa Indonesia merdeka pada tanggal 17, yaitu tepatnya 17 Agustus 1945.

6. Padi dan kapas

Deskripsi dan Nilai Penting Arti Lambang Kota TangerangLambang Kota Tangerang (https://www.tangerangkota.go.id)

Gambar ini melambangkan bulan dan tahun kemerdekaan Indonesia, yaitu delapan bunga kapas yang artinya pada bulan kedelapan Indonesia merdeka. 

Selain itu, empat puluh lima bulir padi yang melambangkan tahun kemerdekaan Indonesia, yaitu tahun 1945. Selain itu, lambang padi dan kapas juga melambangkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat kota Tangerang. Diketahui bahwa padi adalah bahan makanan pokok masyarakat kota ini.

7. Arti warna dalam lambang Tangerang

Dalam lambang kota Tangerang, terdapat enam warna yang masing-masing memiliki arti. Pertama, warna putih yang mencerminkan kesucian dan kebersihan. Lalu, warna hijau melambangkan kemakmuran dan kesuburan. 

Ketiga, warna biru mencerminkan kebijaksanaan dan kesetiaan. Keempat, warna kuning memiliki arti keagungan, kekuasaan, kewibawaan, dan keadilan. Kelima, warna merah melambangkan keberanian. Terakhir, warna hitam mencerminkan keteguhan dan ketabahan.

Baca Juga: Makna Simbol dan Warna pada Lambang Kota Serang, Kamu Perlu Tahu

Demikian penjelasan mengenai arti lambang kota Tangerang, dan mudah-mudahan informasi ini bermanfaat. Jika kamu ingin lebih jauh mengenal kota ini, kamu bisa mengunjungi kota ini bersama kolega atau pun keluarga besar.

 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya