TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Baru Dibangun, Turap Situ Senilai Rp13,9 Miliar di Tangerang Ambruk

Bangunan baru, kok bisa ambruk~

Turap situ ambruk (Antara/Azmi Samsul Maarif)

Tangerang, IDN Times - Sebuah bangunan berupa turap situ ambruk dalam proses pembangunannya. Insiden ini terjadi di Kelurahan Kelapa Dua, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

Ambruknya bangunan baru itu menimbulkan pertanyaan mengenai kualitas bangunan tersebut. 

1. Ketua RT: itu pakai uang rakyat, jangan asal-asalan

Ilustrasi Uang Rupiah (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Dikutip dari Antara, Kamis (26/8/2021), insiden itu terjadi pada Rabu. Bangunan baru dibangun tersebut diduga ambruk akibat tidak kuat menahan beban timbunan lumpur yang diambil dari dasar situ tersebut.

"Kemarin sore dengar bunyi keras. Tahunya memang itu turap yang ambruk. Saya videokan sengaja biar tahu semuanya kalau turap yang dibangun baru sekira 7 harian jebol, ambruk," ungkap Ketua RT 04/04 Kelapa Dua, Muhamad.

Ia menyebutkan, bahwa proyek pembangunan turap itu baru berjalan beberapa hari saja tak lebih dari satu minggu. "Ini kan duit rakyat, ya harus kita awasi bersama-sama. Jangan sampai pengerjaannya asal-asalan," katanya.

2. Nilai proyek turap itu capai miliaran rupiah

Laman LPSE (https://lpse.pu.go.id)

Masih dikutip dari Antara, situs http://lpse.pu.go.id Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) melaporkan bahwa proyek revitalisasi situ Kelapa Dua ini masuk dalam program strategis nasional melalui pengawasan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC) dengan nilai anggaran sebesar Rp13,9 miliar.

Baca Juga: Bingung, Kadinsos Tangerang: Kenapa Warga Mau Bansosnya Disunat?

Berita Terkini Lainnya