TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Siaga Lonjakan Pasien COVID-19, RSUD Lebak Siapkan 60 Bed Khusus

Ada 60 bed yang disiapkan untuk kasus COVID-19

RSUD Adjidarmo Lebak (Instagram/ RSUD Adjidarmo)

Lebak, IDN Times - Untuk mengantisipasi lonjakan kasus dan pasien COVID-19, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Adjidarmo Rangkasbitung menyiapkan puluhan tempat tidur khusus. Ruangan ini ada di Ruangan Anggur. 

 "Kami menyediakan 60 tempat tidur untuk penanganan kasus COVID-19," kata Kepala Bagian Humas RSUD Adjidarmo, Jauhari Assukri, seperti dikutip dari Antara, Kamis (27/1/2022). 

Berkaca dari gelombang kedua COVID-19 di Lebak, RSUD mampu menampung hingga ratusan pasien yang terpapar virus corona itu.  "Kami tentu menyiapkan hingga ratusan tempat tidur jika terjadi COVID-19 gelombang ketiga," kata Jauhari.

Baca Juga: Dinkes Lebak Kirim 16 Sampel Pasien Suspek Omicron ke Litbangkes 

1. Sejauh ini, RSUD Lebak menangani seorang pasien yang diisolasi karena COVID-19

RSUD Adjidarmo Lebak (Instagram/ RSUD Adjidarmo)

Meski demikian, Jauhari mengaku belum menerima laporan adanya peningkatan pasien COVID-19. Jika nanti ada lonjakan, penanganan pandemik COVID-19 tetap menjalankan standar prosedur operasional ( SOP). Pasien yang positif COVID-19, imbuhnya, harus ditangani di Ruangan Anggur.

Saat ini, pihaknya baru menangani seorang pasien yang diisolasi karena terkena COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR).

"Kami terus meningkatkan kualitas pelayanan, sehingga berapun warga yang terjangkit COVID-19 dapat ditangani dengan baik," katanya menjelaskan.

Baca Juga: Warga Adat di Lebak Boleh Vaksinasi, Tapi Masih Ada yang Enggan

2. Skrining hingga obat-obatan juga disiapkan

RSUD Adjidarmo Lebak (Instagram/ RSUD Adjidarmo)

Dalam penanganan COVID-19, kata dia, tak hanya penyiapan bed rumah sakit. RSUD, imbuhnya, juga menjamin kesiapan obat- obatan, di antaranya Oseltamivir, Favipiravir, Remdesivir, dan Azithromycin.

Di sisi lain, pemeriksaan mulai skrining dan ruangan khusus sampai PCR, juga perlu disiapkan.

Berita Terkini Lainnya