TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Daerah di Banten yang Capaian Vaksinasi COVID-19 Masih Rendah  

Pemprov targetkan Banten berstatus endemik pada April

Seorang staf memakai masker dalam perjalanan menggunakan kereta metro saat uji coba sebelum kembali beroperasi, ditengah penyebaran wabah penyakit virus corona (COVID-19) di Kolkata, India, Rabu (9/9/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Rupak De Chowdhuri)

Serang, IDN Times - Pemerintah Provinsi Banten menyatakan perubahan status pandemik menjadi endemik COVID-19 bisa dilakukan dalam waktu dekat. Pekerjaan rumah yang perlu dikejar Pemprov Banten adalah capaian vaksinasi COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti menargetkan, April 2022 mendatang status endemik bisa ditetapkan, namun Ati masih menunggu keputusan pemerintah pusat.

Baca Juga: 95 Ribu Warga Banten Harus Vaksinasi Ulang 

1. Syarat berstatus endemik: capaian vaksinasi kedua 70 persen

Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Dia mengungkapkan, salah satu syarat perubahan status menjadi endemik COVID-19 capaian vaksinasi dosis kedua di setiap daerah harus sudah mencapai 70 persen. Kemudian, kasus baru COVID-19 semakin melandai.

"Vaksinasi capaian vaksinasi harus di dosis kedua itu 70 persen, Banten ini baru 66,4 persen," kata Ati saat dikonfirmasi, Kamis (10/3/2022).

2. Lima daerah capaian vaksinasi kedua masih di bawah 60 persen

Ilustrasi vaksinasi COVID-19 pada anak. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Dikatakan Ati, saat ini wilayah di Tangerang Raya yakni Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan berada pada level 2 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Sedangkan lima daerah lainnya yakni Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang dan Kota Serang berada di level 3 PPKM.

Dia menjelaskan, alasan lima daerah tersebut masuk PPKM level 3 karena vaksinasi dosis keduanya masih di bawah 60 persen meskipun kasus aktifnya tidak banyak.

"Karena vaksinasi dosis keduanya belum mencapai 70 persen. Juga Kota Serang dan Cilegon padahal dosis keduanya sudah lebih 70 persen, tapi karena dia dosis lansianya masih di bawah 60 persen," katanya.

Baca Juga: Pemprov Banten Simpan Kas Daerah Rp12,7 Triliun di Bank Banten

Berita Terkini Lainnya