TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Begini Mitigasi Bencana Banjir dan Longsor Pemkab Lebak

Ada 16 daerah rawan banjir dan 14 daerah rawan longsor

Ilustrasi bencana tanah longsor. IDN Times/Khaerul Anwar

Lebak, IDN Times - Kabupaten Lebak yang masuk dalam bagian selatan di Provinsi Banten menjadi daerah paling rawan berpotensi terjadi bencana banjir dan longsor yang disebabkan curah hujan tinggi pada puncak musim penghujan Dasarian III di bulan Januari 2021.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak telah melakukan serangkain langkah untuk mengurangi risiko dampak bencana.

Baca Juga: Peta Titik Daerah Rawan Bencana di Lebak  

1. Memasang pelang jalur evakuasi dan informasi daerah rawan bencana

Banjir Lebak (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Plt Kepala Pelaksana BPBD Lebak, Febby Rizky Pratama mengatakan, pihaknya telah memasang papan petunjuk evakuasi dan informasi daerah rawan banjir. Kemudian melakukan penanaman pohon di hulu Sungai Ciberang dan melakukan normalisasi sejumlah sungai di Lebak.

Diketahui berdasarkan pemetaan BPBD ada sebanyak 16 kecamatan di Lebak rawan bencana banjir.

"Sehingga bisa mengrvakuasi diri dan lari kemana saat banjir. Ada 100 lebih rambu terpasang," kata Febby, Kamis (21/1/2021).

Baca Juga: Setahun Berlalu, Korban Longsor Lebak Masih Hidup Terkatung di Huntara

2. Mengaktif siskamling dan relawan desa

Banjir Lebak (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Sementara, untuk mengantisipasi dampak bencana tanah longsor karena adanya keterbatasan alat dan anggaran sehingga pihaknya memaksimalkan untuk melakukan upaya penyelamatan korban jiwa dengan mengaktifkan sistem keamanan lingkungan (Siskamling) dan membentuk relawan desa untuk melakukan sosialisasi mitigasi kebencanaan.

Ketika terjadi hujan lebak di masyarakat yang berada di daerah rawan longsor diminta waspada, jika ada retakan di tanah segera mengungsi ke tempat lebih aman.

"Kontur tanah senagian Lebak rawan pergerakan tanah. Kita belum punya alat untuk memprediksi paling bisa meminimalisir terjadinya korban," katanya.

Baca Juga: Film Balada Si Roy Mulai Syuting Perdana di Lebak Banten

Berita Terkini Lainnya