Comscore Tracker

Film Balada Si Roy Mulai Syuting Perdana di Lebak Banten

Diangkat ke layar lebar setelah 32 tahun

Lebak, IDN Times - Setelah mengumumkan deretan nama pemain film Balada Si Roy 16 Desember 2020 lalu, akhirnya film pertama IDN Pictures yang diadaptasi dari novel legendaris karya Gol A Gong mulai syuting perdana, Minggu (10/1/2021).

Syuting perdana mengisahkan cerita seorang pemuda yang mencari jati dirinya ini digelar di Kabupaten Lebak, Banten. Syuting dihadiri langsung Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy dan Gol A Gong penulis novel Balada Si Roy.

1. Diangkat ke layar lebar setelah 32 tahun

Film Balada Si Roy Mulai Syuting Perdana di Lebak BantenIDN Times/Khaerul Anwar

CEO IDN Media, Winston Utomo mengucapkan terima kasih kepada Gol A Gong telah mempercayakan karya besarnya kepada IDN Pictures. Film Balada Si Roy akhirnya dapat diangkat ke layar lebar setelah 32 tahun penantian dan bisa dinikmati oleh masyarakat luas.

Diketahui, Film Balada Si Roy juga bertabur bintang muda berbakat. Mereka adalah Abidzar Al-Ghifari dan Febby Ranstanty akan memerankan tokoh Roy dan Ani. Bio One akan berperan sebagai Dulah, Zulfa Maharani sebagai Wiwik, Sitha Marino sebagai Dewi, Omara Esteghlal sebagai Toni.

Selain itu, Yusuf Mahardika sebagai Edi, Jourdy Pranata sebagai Andi, Fachri Muhammad sebagai Sodik, dan Dea Aditya sebagai Iwan. Selain mereka, turut bermain pula dua aktor senior, yaitu Maudy Koesnaedi sebagai Ibu Roy dan Kiki Narendra sebagai Bapak Ani.

"Seperti cerita Si Roy dalam Balada Si Roy merantau pergi dari kota untuk mencari jati diri. Film ini juga sama menjadi pembuktian buat kita bahwa film berkualitas bermakna dapat diterima oleh masyarakat luas," kata Winston saat pemotongan tumpeng syuting perdana.

Baca Juga: IDN Pictures Persiapkan Film Perdananya, Balada Si Roy

2. Sebuah pembuktian syuting di masa pandemik

Film Balada Si Roy Mulai Syuting Perdana di Lebak BantenIDN Times/Khaerul Anwar

Winston menuturkan, pada awal rencana pembuatan film tersebut memang ada banyak yang meragukan selain syuting di masa pandemik diangkat dari cerita sebuah novel legendaris. Namun, hal itu justru menjadi sebuah motivasi dan pembuktian untuk diri sendiri.

"Saya inget pepatah jika apapun kita lakukan dengan sungguh-sungguh pasti membuahkan hasil dan pasti sampai ke hati yang lain," katanya.

3. Mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah

Film Balada Si Roy Mulai Syuting Perdana di Lebak BantenIDN Times/Khaerul Anwar

Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy menuturkan, pemerintah provinsi Banten sangat mendukung pembuatan film tersebut. Pasalnya, cerita berlatar belakang Banten.

"Saya pembaca majalah Hai salah satu yang saya gemari ada Balada Si Roy. Semoga film ini dapat membangkitkan masyarakat Banten," katanya.

4. Wakil gubernur Banten berharap dapat mempromosikan pariwisata daerah

Film Balada Si Roy Mulai Syuting Perdana di Lebak BantenIDN Times/Khaerul Anwar

Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy, berharap, dipilihnya Banten sebagai lokasi syuting Balada Si Roy dapat mempromosikan pariwisata daerah setempat. "Semoga Banten semakin dikenal dan menguatkan Banten ke depan dari sisi pariwisata," jelasnya.

"Selamat dan sukses terhadap Mas Gong. Terkait film ini semoga dapat membangkitkan ekonomi masyarakat Banten. Jangan lupa tetap menerapkan prokes 4M," imbuhnya.

Baca Juga: 12 Pemain Film Balada Si Roy, Abidzar Al Ghifari Jadi Pemeran Utamanya

5. Film perdana Abidzar sebagai tokoh utama

Film Balada Si Roy Mulai Syuting Perdana di Lebak Banteninstagram.com/filmbaladasiroy

Abidzar Al Ghifari terpilih untuk memerankan Roy dalam Balada Si Roy. Film yang merupakan adaptasi dari novel legendaris karya Gol A Gong ini merupakan film pertama bagi Abidzar sebagai tokoh utama.

Meski sempat terbebani, Abidzar mendapat berbagai pengalaman selama menyiapkan diri sebagai Roy. Mulai dari proses casting hingga membangun chemistry dengan lawan mainnya, inilah cerita Abidzar selama persiapan film Balada Si Roy.

Ketika pertama kali diumumkan sebagai Roy pada 16 Desember 2020, banyak penggemar yang memberikan reaksi positif untuk Abidzar. Anak kedua dari Ustaz Jefri Al Buchori ini mengaku telah menerima berbagai macam pesan di media sosial yang berisi dukungan untuk perannya di film ini.

6. Mendapatkan peran Roy lewat proses casting

Film Balada Si Roy Mulai Syuting Perdana di Lebak BantenInstagram.com/idnpictures

Abidzar berhasil mendapatkan peran Roy lewat proses casting. Uniknya, ia sempat terpilih untuk memerankan tokoh sahabat Roy yang bernama Andi, lho! Namun, menurut sutradara Fajar Nugros, ia lebih cocok sebagai tokoh utama ini.

"Gue dipanggil untuk screen test dan dikasih materi itu bukan sebagai Roy, tapi sebagai Andi," ungkap Abidzar lewat live streaming Cerita Artis (CETAR) di Instagram IDN Times, Rabu (23/12/2020).

"Minggu depannya gue dikabarin kalau Mas Fajar mau ketemu dan akhirnya ketemu, terus ngobrol. Tiba-tiba Mas Fajar bilang, "Gue lebih percaya lu sebagai Roy," dan di situ gue terpilih sebagai Roy," katanya.

Baca Juga: 10 Bukti Abidzar Cocok Perankan Tokoh Roy di Film Balada Si Roy

Topic:

  • Khaerul Anwar
  • Martin Tobing

Berita Terkini Lainnya