TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Libur Lebaran, Wisatawan Luar Daerah Gak Boleh Masuk Banten

Wisatawan akan diminta putar balik untuk antisipasi COVID-19

Ilustrasi sejumlah wisatawan memanfaatkan waktu rekreasi ke pantai tak gunakan masker. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Serang, IDN Times - Wisatawan dari luar daerah dilarang datang berlibur ke destinasi wisata di Banten selama larangan mudik Lebaran yang dimulai tanggal 6 hingga 17 Mei 2021. Hanya wisatawan lokal yang diperbolehkan berwisata.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kerumunan dan memaksimalkan penerapan protokol kesehatan di tempat wisata sehingga bisa meminimalisir kerawanan penularan COVID-19.

Baca Juga: Wahidin: Kalau Mudik Dilarang, Harusnya Wisata Juga

1. Wisatawan akan diminta putar balik

Sejumlah anggota polisi yang melakukan penyekatan penutupan obyek wisata di PPU (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Rudi Purnomo mengatakan, selain menghalau pemudik masuk ke wilayahnya, petugas di pos penyekatan pun akan memutarbalikan para wisatawan berasal dari luar daerah yang hendak berlibur ke Banten.

Selain mendirikan pos penyekatan di setiap perbatasan, Polda Banten pun akan mendirikan pos pengamanan di tempat wisata.

"Kalau luar daerah kita putar balikan mas. Kita cek dulu yang mau mudik atau wisata siapa kalau dari luar Banten kita putar balikan," kata Rudi saat dikonfirmasi, Jumat (16/4/2021).

2. Hanya warga lokal yang boleh wisata dengan syarat hasil tes antigen negatif

facebook

Berdasarkan hasil rapat bersama Pemerintah Provinsi Banten, kata Rudi, pihaknya mengikuti kebijakan pemerintah pusat. Salah satu keputusan yang diambil adalah destinasi wisata tetap buka saat libur Lebaran. Namun, dia menegaskan, tempat wisata itu hanya bisa dikunjungi warga lokal dengan syarat yang sudah melakukan rapid test antigen dan hasilnya negatif.

"Kami siapkan rapid test kita cek dan wisata hanya lokalan Banten saja," katanya.

Baca Juga: Kemenag: Larangan Restoran Buka Siang Hari di Serang, Diskriminatif!

Berita Terkini Lainnya