TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

PPDB SMA/SMK Negeri di Banten Segera Dibuka, Catat Waktunya  

PPDB SMA/SMK diawali pendaftaran jalur afirmasi

(Ilustrasi). Siswa dan wali murid berkonsultasi. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Serang, IDN Times - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK negeri di Provinsi Banten segera dibuka. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten saat ini sedang menyosialisasikan petunjuk teknis pelaksanaan PPDB tahun 2023.

Rencananya, pelaksanaan PPDB untuk tingkat SMA/SMK negeri di Banten tahun ajaran 2023/2024 itu dilaksanakan mulai tanggal 19 Juni mendatang.

Baca Juga: PPDB SD di Kota Tangerang Dibuka 12 Juni, Catat Cara dan Syaratnya

1. Petunjuk teknis PPDB tengah disosialisasikan

Ilustrasi PPDB di Lebak di tengah pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Kepala Dinas Dindikbud Banten Tabrani mengatakan, saat ini pihaknya baru menyosialisasikan petunjuk dan teknis (juknis) pelaksanaan PPDB tahun 2023 kepada sekolah.

“Juknisnya sudah ditetapkan, saat ini sedang disosialisasikan kepada kepala sekolah. Kepala sekolah selanjutnya mensosialisasikan ke masyarakat,” kata Tabrani, Senin (5/6/2023).

2. Berbeda dengan tahun lalu, PPDB diawali jalur afirmasi

Ilustrasi pendaftaran PPDB.ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Tabrani mengatakan, pelaksanaan PPDB tahun 2023 ini berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya. Tahun sebelumnya, PPDB langsung dibuka empat jalur. Namun tahun ini diawali dengan proses pelaksanaan jalur afirmasi.

“Perbedaannya cuma afirmasi didahulukan. Setelab itu dilanjutkan jalur zonasi, prestasi, dan perpindahan orangtua itu dilakukan setelah afirmasi selesai sesuai edaran Sesmendikbud 2022,” katanya.

Kemudian, lanjut Tabrani, dalam proses pelaksanaan pendaftarannya sendiri dilakukan secara online. "Nantinya akan ada sistem aplikasi yang akan diluncurkan yang telah terintegritas dengan Dindikbud Provinsi Banten," katanya.

Baca Juga: Maria Queenta Asal Tangerang Raih Miss Teenager Banten

Berita Terkini Lainnya