TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Banjir Rendam 16 Titik di Kota Tangerang

Hujan dengan intensitas tinggi salah satu pemicunya

Dok. BPBD Kota Tangerang

Kota Tangerang, IDN Times - Hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Kota Tangerang dan sekitarnya, mengakibatkan sejumlah wilayah Kota Tangerang tergenang banjir pada Minggu malam (13/11/2022).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Maryono Hasan mencatat, ada 16 lokasi banjir di Kota Tangerang pada pukul 22.25 WIB. Dia merinci, Jembatan Alamanda banjir 60 centimeter (cm), Gebang Raya 40 cm-100 cm, Persada Raya 100cm, Garden City Residence 40 cm-100 cm

Lanjutnya, air di Kali Ledug cukup tinggi disebabkan kiriman air dari Batu Belah Bogor. Air kemudian meluap sehingga banjir cukup arah menerjang wilayah Gebang Raya,  seperti di wilayah Garden City Residence RW 21, RW 22 dan RW 25. Di sini, banjir merendam 532 rumah dengan ketinggian 40 sampai 100 cm.

Baca Juga: Tanggul Jebol, Ratusan Rumah di Pasar Kemis Terendam Banjir 

1. Seluruh petugas gabungan bergerak

Dok. Pemkot Tangerang

Kondisi Katulampa kata Maryono, normal 40cm, Batubelah normal 235 cm dimana sebelumnya sempat Siaga 2 dengan 355 cm. Sedangkan untuk Bendungan Pasar Baru terpantau normal di 11,64 meter , Angke Hulu normal di 84 cm.

“Seluruh petugas gabungan telah bergerak, dan terus bergerak membantu masyarakat dan melakukan penanganan. Seluruh Pintu Air Sarakan sudah dibuka dengan status Siaga I. Mobilitas masyarakat hingga saat ini dibantu oleh seluruh petugas menggunakan perahu,” kata Maryono pada Senin (14/11/2022).

2. Diperkirakan, banjir surut pada hari ini

Ilustrasi banjir (IDN Times/Mardya Shakti)

Kata Maryono, Dinsos telah menurunkan bantuan permakanan di beberapa titik pengungsian. Ratusan petugas gabungan Satpol PP, Dishub, BPBD, Dinkes, PUPR hingga Pertamanan juga terus membantu masyarakat. Seperti evakuasi, pendirian dapur umum, posko banjir hingga posko kesehatan.

Jika hujan dengan intensitas tinggi tidak kembali turun. Diperkirakan, banjir akan surut total pada hari ini di pagi hari.

“Semoga cuaca cerah, sehingga kondisi air bisa segera surut. Normalisasi terus dilakukan, dengan harapan antrian air bisa lebih cepat,” katanya.

Baca Juga: Masyarakat Kabupaten Tangerang Belum Menerima STB? Ini Cara Ceknya

Berita Terkini Lainnya