Sidak Online, Loka POM Tangerang Awasi Obat Herbal dan Suplemen 

Produk suplemen dan herbal makin marak di toko online

Tangerang, IDN Times - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengawasi toko-toko online yang menjual produk herbal dan suplemen. Warga diminta mewaspadai produk-produk yang tidak mengantongi izin namun diklaim bisa memelihara daya tahan tubuh di tengah wabah COVID-19. 

Saat ini, BPOM terpaksa mengawasi penjualan produk-produk herbal dan suplemen itu secara daring atau online karena Loka POM di Kabupaten Tangerang tidak bisa terjun ke lapangan untuk mengawasi peredaran produk-produk yang dicurigai tak berizin. 

1. Konsumsi produk herbal dan suplemen yang terus-menerus berdampak pada kesehatan seseorang, terutama yang memiliki penyakit tertentu

Sidak Online, Loka POM Tangerang Awasi Obat Herbal dan Suplemen ANTARA FOTO

Kepala Loka POM di Kabupaten Tangerang, Widya Savitri menjelaskan, banyaknya kampanye dan sosialisasi untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat di tengah wabah COVID-19, membuat masyarakat berbondong-bondong mencari produk herbal serta suplemen kesehatan. Menurut Widya, produk-produk herbal dan suplemen yang dijual bebas di pasar online itu kemungkinan besar tidak terdaftar di BPOM, sehingga tak bisa dipastikan apa kandungan dan manfaat produk tersebut. 

"Dampaknya bisa terasa pada tubuh manusia baik jangka panjang atau jangka pendek jika terus-menerus mengkonsumsi produk yang belum diketahui itu. Apalagi terhadap orang yang memiliki riwayat penyakit tertentu, penggunaan produk itu harus dikonsultasikan ke dokter," jelas Widya saat dihubungi IDN Times, Kamis (2/4).

2. Ini cara cek produk sesuai saran BPOM

Sidak Online, Loka POM Tangerang Awasi Obat Herbal dan Suplemen BPOM

Widya mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir dan bisa mengecek produk-roduk herbal dan suplemen, sebelum membelinyam secara mandiri. Caranya mudah banget.

Sebelum membeli produk kesehatan itu, kata Widya, calon pembeli harus mellihat kemasannya.  "Baca labelnya lengkap dan utuh, ada komposisi, nama produsen, peringatan, tanggal kadaluarsanya dan lain-lain," jelasnya.

Lalu bagaimana caranya untuk mengecek izin edar sebuah produk? Calon pembeli bisa mengunduh aplikasi CekBPOM yang tersedia di perangkat telepon pintar. "Baik Google Play Store serta Apple App Store," ujarnya.

3. Pengawasan dan sidak dilakukan via online

Sidak Online, Loka POM Tangerang Awasi Obat Herbal dan Suplemen gizmologi.id

Menurut Widya, pihaknya saat ini sangat terbatas dalam mengawasi langsung peredaran produk di lapangan, terutama pada sarana farmasi dikarenakan wabah COVID-19 yang sangat berisiko. Pengawasan melalui toko daring, iklan produk, hingga menerima pengaduan via online menjadi salah satu langkah alternatif yang bisa dilakukan saat ini.

"Untuk sidak juga online ya, karena offline belum mungkin karena harus jaga diri, jaga sesama dan jaga jarak," kata dia. 

Selain itu, imbuhnya, media sosial resmi Loka POM Tangerang juga kerap membagikan informasi mengenai produk-produk aman dan bagaimana mengeceknya. "Cek Klik (Kemasan, Label, Izin Edar dan Kadaluarsa)," ucap Widya.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya