Dinkes: Warga Kota Tangerang, Waspadai Potensi Penularan Omicron!

Vaksinasi bisa mengurangi potensi penyebaran COVID-19

Tangerang, IDN Times - Dinas Kesehatan Kota Tangerang meminta warganya meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi penularan varian baru COVID-19, Omicron. Saat ini, varian virus corona paling anyar itu sudah terdeteksi di beberapa negara, utamanya Afrika Selatan. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni mengungkap, pihaknya sudah menerima instruksi dari Kementerian Kesehatan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan penularan Omicron, meski varian ini masih terus diteliti lebih dalam.

Baca Juga: Dari Hewan sampai HIV, Menerka Asal-usul Varian Omicron

1. Warga Tangerang, jangan lengah dan disiplin protokol kesehatan ya

Dinkes: Warga Kota Tangerang, Waspadai Potensi Penularan Omicron!Infografik Cara Menggunakan Masker yang Baik (IDN Times/Sukma Shakti)

Pada dasarnya, kata Dini, arahan Kemenkes tidak jauh berbeda seperti saat varian COVID-19 lainnya bermunculan, yaitu perketat kedisiplinan 5M. "Dan pastikan Anda, keluarga, dan lingkungan Anda telah mengikuti vaksinasi," kata Dini, seperti dikutip dari Antara, Jumat (3/12/2021). 

Dia benar-benar warga Tangerang tidak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan 5M saat beraktivitas.

2. Liburan Natal dan tahun baru "dihantui" COVID-19 gelombang ketiga

Dinkes: Warga Kota Tangerang, Waspadai Potensi Penularan Omicron!Pantai Carita, Pandeglang (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Kewaspadaan dan disiplin protokol kesehatan itu dia tegaskan terutama menghadapi liburan Natal dan tahun baru. Liburan akhir tahun, kata dia,  dihantui dengan kasus COVID-19 gelombang ketiga.

"Hal ini, tidak bisa dianggap sepele dan harus disikapi dengan bijaksana. Dengan itu ada baiknya, ikuti aturannya, jaga kesehatan keluarga, karena kita tahu, kita sama-sama tidak mau pengetatan besar-besan kembali terjadi,” ujarnya.

3. Dinkes: vaksinasi bisa membantu seseorang terhindar dari penularan corona

Dinkes: Warga Kota Tangerang, Waspadai Potensi Penularan Omicron!Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Fauzan)

Lebih lanjut dia menjelaskan, peningkatan kewaspadaan itu juga disertai upaya percepatan laju vaksinasi, terutama bagi masyarakat yang sama sekali belum mendapatkan vaksinasi dosis pertama.

Pasalnya, katanya, vaksinasi bisa membantu seseorang terhindar dari penularan virus corona baru itu. "Karena ditularkan oleh virus jadi memang mau tidak mau harus divaksinasi," katanya

Hingga saat ini, vaksinasi COVID-19 di Kota Tangerang sudah mencapai 94 persen atau 1.375.000 jiwa dan dosis dua 70 persen atau 1.021.000 jiwa dari target 1.479.301 orang.

Baca Juga: Gencar Vaksinasi, Omzet Restoran Kota Tangerang Tangsel Naik 50 persen

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya