Comscore Tracker

Terpapar Varian Delta, 1 Pasien RSUD Balaraja Meninggal Dunia

Pasien adalah staf di maskapai nasional

Tangerang, IDN Times - Satu pasien Kabupaten Tangerang meninggal dunia setelah terpapar COVID-19 varian Delta. Pasien itu berprofesi sebagai petugas administrasi di salah satu maskapai nasional. 

Juru Bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Tangerang Hendra Tarmizi mengungkap, pasien tersebut dirawat selama 4 hari di RSUD Balaraja, Tangerang. 

Baca Juga: PMI Kota Tangerang Buka Vaksinasi Booster, Catat Nih!

1. Pasien meninggal itu terpapar COVID-19 dari pelaku perjalanan luar negeri

Terpapar Varian Delta, 1 Pasien RSUD Balaraja Meninggal DuniaIlustrasi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) (Dok. Angkasa Pura II)

Hendra mengungkap, korban meninggal ini diduga terpapar dari orang yang melakukan perjalanan dari luar negeri saat sedang melakukan pekerjaannya sebagai petugas administrasi maskapai nasional.

"Sepertinya dia terpapar varian Delta dari adanya kontak dengan pelaku perjalanan luar negeri," jelasnya, seperti dikutip dari Antara, Jumat (14/1/2022).

Baca Juga: Polisi Bekuk Pembunuh Pelajar SMAN 31 Tangerang dalam Tawuran

2. Ada 12 warga Tangerang yang terpapar varian Delta

Terpapar Varian Delta, 1 Pasien RSUD Balaraja Meninggal DuniaHotel Yasmin di Kabupaten Tangerang dijadikan tempat isolasi bagi pasien COVID-19 dengan gejala ringan (ANTARA FOTO/Fauzan)

Hendra menambahkan, Kabupaten Tangerang mencatat ada 12 kasus aktif COVID-19. Semua, kata dia, merupakan warga Kabupaten Tangerang yang terkonfirmasi terpapar varian Delta.

"Untuk pasien varian Delta dari 12 kasus, tiga orang dirawat di Rumah Sakit Siloam, dua di Hotel Yasmin dan lainnya di Wisma Atlet karena memang baru datang dari luar negeri serta ada beberapa melakukan isolasi mandiri di rumah," jelasnya dia.

3. Kabupaten Tangerang juga mencatat ada 1 orang yang diduga terpapar Omicron

Terpapar Varian Delta, 1 Pasien RSUD Balaraja Meninggal DuniaOmicron di Indonesia (IDN Times/Aditya Pratama)

Kemudian, satu orang lainnya suspect Omicron yang tengah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Siloam Kelapa Dua Tangerang.

Diberitakan sebelumnya, pasien Omicron terus bertambah secara nasional. Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, hingga Rabu (12/1/2022), tercatat angka COVID-19 varian Omicron bertambah 66 kasus.

"Sehingga tercatat totalnya menjadi 572 kasus. Penambahan kasus tersebut terdiri dari 33 kasus dari pelaku perjalanan internasional dan 33 orang transmisi lokal," ujar Nadia dalam siaran tertulis, Jumat (14/1/2022). 

Nadia menjelaskan saat ini seluruh pasien wajib menjalankan karantina kesehatan, yang mayoritas menjalani karantina di RSDC Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Jumlahnya sekitar 339 orang, sisanya menjalani karantina di rumah sakit yang telah ditunjuk oleh Satgas Penanganan COVID-19," imbuh dia.

Baca Juga: Omicron Mengintai, Momentum Pemerintah Akselarasi Vaksinasi Booster

Baca Juga: 88 Ribu Lansia di Kabupaten Tangerang Jadi Target Vaksin Booster 

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya