Comscore Tracker

Vaksinasi Masif Bagi Warga di Tingkat RW di Kota Tangerang

September adalah Bulan Vaksinasi. Kamu udah vaksinasi belum?

Tangerang, IDN Times - Pemerintah Kota Tangerang Banten terus memassifkan vaksinasi di tingkat rukun warga atau RW. Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, sentra vaksinasi di tingkat RW adalah upaya dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Gencarnya vaksinasi di tingkat RW ini untuk mengejar target vaksinasi bagi 1.4 juta jiwa dengan yang sudah divaksin dosis pertama 967.386 orang.

1. Percepatan vaksinasi untuk kekebalan komunal

Vaksinasi Masif Bagi Warga di Tingkat RW di Kota TangerangANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Arief berharap, dengan adanya sentra vaksinsi di tingkat RW itu, warga yang belum divaksin dapat terdata dan segera menerima vaksinasi COVID-19. "Ini bagian Pemkot Tangerang membentuk kekebalan komunal," kata Wali Kota Arief, seperti dikutip dari Antara, Selasa (14/9/2021).

2. September dicanangkan sebagai Bulan Vaksinasi, ada 300 ribu vaksin yang tersedia

Vaksinasi Masif Bagi Warga di Tingkat RW di Kota Tangerangilustrasi vaksin COVID-19 buatan Sinovac (Dok. Sinovac)

Sementara itu Dinas Kesehatan Kota Tangerang telah mencanangkan bulan vaksinasi dengan melaksanakan kegiatan vaksin di 1.017 RW selama bulan September sebagai upaya dalam mencapai herd immunity.

Plt Kepala Dinas Kesehatan, dr Dini Anggraeni mengatakan, warga yang belum vaksin agar segera melapor kepada RT/RW untuk di data mengikuti program ini. Pendaftaran juga bisa melalui online melalui kanal vaksinasi.tangerangkota.go.id.

Dinas Kesehatan telah menyiapkan 30.000 dosis untuk program bulan vaksinasi ini yang akan digunakan 300 dosis setiap Kelurahan per harinya.

3. Ada sebagian warga Kota Tangerang yang melaksanakan vaksinasi di luar kota

Vaksinasi Masif Bagi Warga di Tingkat RW di Kota TangerangIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Berdasarkan data, target vaksinasi di Kota Tangerang yakni 1.479.301 orang. Untuk dosis pertama yang sudah disuntik hingga tanggal 12 September 2021 sebanyak 967.386 orang dan dosis kedua yakni 579.287 orang.

Wali Kota Arief menyebut, data itu masih terus diperbaharui sebab ada juga warga Kota Tangerang yang melaksanakan vaksinasi di luar kota seperti Jakarta, Kabupaten Tangerang, Tangerang Selatan, dan daerah lain.

"Jadi ketika warga Kota Tangerang melakukan vaksinasi di luar kota maka datanya akan masuk daerah tersebut. Sementara pemkot mendata warga yang divaksin di sentra - sentra vaksin yang data basenya masuk ke Pemkot. Ini yang kita sinkronkan dengan pemerintah pusat," katanya.

Baca Juga: Cara Cek Data Vaksinasi COVID-19, Ada Lokasi Vaksinasi Terdekat    

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya