Comscore Tracker

2 Paslon Adu Strategi Kembangkan Potensi Sumber Daya Alam di Serang

Petahana dituding tidak manfaatkan potensi alam

Serang, IDN Times - Selain memiliki potensi industri, Kabupaten Serang memiliki potensi sumber daya alam yang sangat melimpah di beberapa sektor mulai dari kelautan, pariwisata dan pertanian.

Dalam rangka memicu laju pertumbuhan ekonomi kedua pasangan calon bupati dan wakil bupati Serang telah menyiapkan strategi untuk menggali potensi sumber daya alam.

Baca Juga: Dua Paslon Pilkada Serang Adu Program untuk Tangani COVID-19

1. Akan membangun kemitraan dengan perguruan tinggi

2 Paslon Adu Strategi Kembangkan Potensi Sumber Daya Alam di SerangWarga menghabiskan libur Lebaran 2020 di pantai di Banten (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Calon bupati Serang nomor urut 2 Nasrul Ulum mengatakan, dia akan menata sektor strategis pertanian, kelautan, dan pariwisata dengan membangun program agromina wisata, agropolitan, minapolitan dan pariwisata dengan membangun kemitraan dengan perguruan tinggi yang ada di Provinsi Banten dan para industri yang bergerak di sektor tersebut.

"Nanti kita akan membuat aplikasi agromina wisata digital," kata Nasrul pada debat pamungkas, Rabu (2/12/2020).

Baca Juga: Debat Pilkada Serang, Paslon Bicara Agama Hingga Pancasila

2. Potensi sumber daya alam tidak dimanfaatkan petahana

2 Paslon Adu Strategi Kembangkan Potensi Sumber Daya Alam di SerangLahan pertanian di Kecamatan Babulu, PPU kelak lebih baik setelah bendung gerak Talake terbangun (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Dia juga  menyayangkan potensi tersebut tidak digali dan tidak dimanfaatkan sehingga belum berkontribusi secara signifikan terhadap laju ekonomi di Kabupaten Serang. Kemudian, sektor potensial ekonomi desa pun tidak dimaksimalkan. Terbukti laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Serang terendah sejak tahun 2017-2019 di Banten.

"Memiliki potensi industri tetapi juga memiliki sumber daya alam yang melimpah di pertanian dan sektor pariwisata hanya saja belum bermanfaat," katanya.

3. Petahana klaim sudah memanfaatkan potensi SDA

2 Paslon Adu Strategi Kembangkan Potensi Sumber Daya Alam di SerangRatu Tatu Chasanah (kedua kanan) dan Panji Tirtayasa (kanan) mendaftar Pilkada Serang di KPU ( ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Menanggapi pernyataan calon nomor urut 1, Ratu Tatu Chasanah mengaku telah mengembangkan potensi sumber daya alam sehingga mampu menurunkan angka pengangguran dengan membentuk lumbung padi dan koperasi kelautan.

"Lumbung padi provinsi Banten kami surplus, perkembangan laut rumput laut, selatan mereka ada potensi pohon melinjo di sana sudah dibuat UMKM emping," katanya.

Baca Juga: Nasrul Soroti Layanan Kesehatan yang Dinilai Buruk di Serang

Topic:

  • Khaerul Anwar
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya