Intruksi Gubernur Tak Diindahkan, Pantai Carita Tetap Buka

Tak ada penyekatan dari polisi di jalur menuju lokasi

Pandeglang, IDN Times - Meski Gubernur Banten mengeluarkan Surat Edaran agar tempat wisata tutup sementara selama libur lebaran, 16 hingga 30 Mei 2021, namun pengelola tempat wisata tampaknya tak bergeming. Mereka tetap membuka jasa wisata yang mengundang kerumuman.

Dari pantauan IDN Times pada Minggu (16/5/2021), seluruh objek wisata pantai yang ada di Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten, seperti Pantai Pasir Putih bahkan Pantai Karang Sari milik Pemkab Pandeglang, ternyata masih menerima kunjungan wisatawan.

1. Tidak ada penyekatan di jalur menuju pantai Carita

Intruksi Gubernur Tak Diindahkan, Pantai Carita Tetap BukaIDN Times/Khaerul Anwar

Asep (30), seorang pengunjung mengatakan, ia sengaja datang ke Pantai Wisata Carita untuk mengisi libur lebaran. Ia mengaku tidak tahu terkait adanya penutupan dari pemerintah daerah soal penutupan objek wisata mulai hari ini.

"Enggak tahu ditutup atau enggak. Dapat info dari teman sih, katanya masih buka. Makanya ke sini dan masih buka," katanya.

Baca Juga: Pengunjung Anyer-Carita Membludak, Lalu Lintas Macet Parah

2. Polda Banten klaim tutup akses jalan menuju wisata

Intruksi Gubernur Tak Diindahkan, Pantai Carita Tetap BukaIlustrasi: Petugas kepolisian menghentikan kendaraan saat melintasi posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (10/5/2021). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Dikonfirmasi terpisah, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardy mengatakan, pihaknya mendukung penerbitan Instruksi Gubernur Nomor: 556/901-Dispar/2021 tentang penutupan sementara destinasi wisata dampak libur Hari Raya Idul Fitri tahun 2021 di Provinsi Banten.

Polda akan menyekat dan menutup akses jalan bagi wisatawan yang akan berkunjung ke lokasi wisata Anyer maupun Carita, meminta kendaraan putar balik di 8 pos penyekatan sepanjang jalur wisata. Mulai dari pos simpang Jalan Lingkar Selatan, Anyer, Carita, Tanjung Lesung, Ujung Kulon, Labuan, Citorek, dan pos Badegeur.

"Polda Banten akan meningkatkan penyekatan guna mencegah wisatawan yang ingin berwisata," katanya.

Namun berdasarkan pantauan di lokasi, seluruh objek wisata di kawasan wisata Pantai Carita masih buka. Bahkan ada anggota kepolisian yang berjaga di tempat tersebut membiarkan pengunjung masuk ke lokasi wisata.

3. Pemprov menutup gara-gara wisatawan membeludak

Intruksi Gubernur Tak Diindahkan, Pantai Carita Tetap BukaDok. Istimewa/Taufik

Sebelumnya, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti mengatakan, penutupan semantara wisata berdasarkan pemantauan perkembangan kunjungan wisatawan di destinasi pariwisata Banten sejak 14-15 Mei 2021. Antusias kunjungan telah menimbulkan kerawanan terhadap pelanggaran protokol kesehatan.

"Wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata, sangat padat dan ramai. Hal ini memicu timbulnya kerumunan yg akan berpotensi peningkatan kasus COVID-19 dari cluster wisata," kata Ati.

 

Baca Juga: Warga Tangsel Pasang Spanduk, Minta Pemudik Isolasi Mandiri 

Topik:

  • Deryardli Tiarhendi

Berita Terkini Lainnya