Comscore Tracker

Menabung 9 Tahun, Pedagang Pecel di Serang Gagal Berangkat Haji

Sarwiyah hanya bisa pasrah dan ikhlas

Serang, IDN Times - Namanya Sarwiyah (75). Di usianya yang tak lagi muda, ada satu harapan yang masih terus membayang, yakni berangkat naik haji. 

Sarwiyah yang juga warga Walantaka, Kota Serang itu sepertinya harus memupus harapannya berangkat haji, tahun ini, gara-gara pandemik COVID-19. Padahal, dia sudah menabung selama 9 tahun. 

Ibu paruh baya ini yang sehari-hari berjualan pecel dan nasi uduk keliling itu pun mengaku sedih. Berikut kisahnya. 

Baca Juga: Sejumlah Calon Jemaah Haji di Kota Serang Tarik Dana Pelunasan

1. Sarwiyah menyimpan kembali pakaian haji yang sudah persiapkan

Menabung 9 Tahun, Pedagang Pecel di Serang Gagal Berangkat HajiSuasana Haji di tengah pandemik COVID-19 tahun 2020 (Youtube.com/Makkah Live - Hajj 2020)

Dia terpaksa harus menyimpan kembali pakaian dan dokumen persyaratan untuk menunaikan rukun islam yang kelima itu. Sarwiyah mulai mendaftar haji reguler pada 2012 silam seusai ditinggal sang suami yang meninggal dunia.

Hidup seorang diri di usia tua tak ada tujuan lain selain melengkapi keislamannya dengan menunaikan ibadah haji.

"Setelah dapat uangnya, kemudian saya belikan emas untuk ditabung. Terus begitu sampai seterusnya, setelah terkumpul sekitar Rp25 juta, baru mendaftar haji," katanya saat dihubungi, Kamis (10/6/2021).

Hingga pada bulan Mei 2020, Sarwiyah melunasi seluruh pembayaran Ongkos Naik Haji (ONH), karena sebelumnya sudah ada surat pemberitahuan pemberangkatan dari biro travel haji.

2. Sarwiyah hanya bisa pasrah menerima kenyataan sembari menjaga kesehatan

Menabung 9 Tahun, Pedagang Pecel di Serang Gagal Berangkat HajiSuasana Haji di tengah pandemik COVID-19 tahun 2020 (Youtube.com/Makkah Live - Hajj 2020)

Sayangya, penantian lama itu harus pupus kedua kalinya setelah gagal berangkat pada 2020 lalu. Kendati demikian, Sarwiyah mengaku pasrah dan ikhlas dengan kenyataan ini kembali gagal mengunjungi Ka'bah.

"Kata pemerintah tahun depan yah tahun depan.  Kalau katanya sekarang (tahun ini) yah ikut aja. Yang penting mah sehat aja dulu, berangkatnya mah kapan aja," katanya.

Baca Juga: Kasus Venesia, JPU: Ada 3 Komponen Gunakan UU Perdagangan Orang

3. Sarwiyah tidak akan menarik kembali dana haji

Menabung 9 Tahun, Pedagang Pecel di Serang Gagal Berangkat HajiSuasana Jamaah Haji di depan Ka'bah, Masjidil Haram, Makkah (IDN Times/Umi Kalsum)

Meski gagal berangkat, dia mengaku tidak akan menarik kembali dana haji yang telah ia kumpulkan dari usahanya tersebut.

"Ibu mah ngga ada niatan, biarin di bank saja. Sekarang mah jaga kesehatan saja," ujarnya.

Topic:

  • Khaerul Anwar
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya