Mulai 3 April, Kereta Api Merak Hanya Sampai Stasiun Cilegon

Pemudik yang ke Merak akan difasilitasi angkot gratis

Serang, IDN Times - Pemudik yang akan ke Pelabuhan Merak tidak akan bisa menggunakan mode transportasi kereta api. Kereta api lokal Merak - Rangkasbitung itu hanya bisa melayani sampai ke Stasiun Cilegon saja.

"Kebijakan itu berlaku untuk pelaksanaan mudik lebaran 2024. Mulai tanggal 3 sampai 9 April nanti," kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Banten Tri Nurtopo, Selasa (2/4/2024).

Baca Juga: Terdakwa Mengaku Serahkan Uang Rp500 Juta ke Eks Wali Kota Cilegon

1. Antisipasi kemacetan di perlintasan depan pelabuhan

Mulai 3 April, Kereta Api Merak Hanya Sampai Stasiun CilegonMudik Lebaran 2024 (ANTARA FOTO/Yudi Manar)

Tri menjelaskan, peralihan rute Merak-Rangkasbitung itu untuk memperlancar arus kendaraan di perlintasan sebidang di depan pintu masuk Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten. Jika rute ini dibiarkan tetap beroperasi, kata dia, hal itu akan ada hambatan laju kendaraan sehingga akan terjadi antrean dan kepadatan panjang.

"Kereta api lokal Rangkasbitung-Merak akan berhenti hanya sampai di Stasiun Cilegon," katanya.

2. Ada angkutan gratis ke Pelabuhan Merak

Mulai 3 April, Kereta Api Merak Hanya Sampai Stasiun CilegonKapolri Jendral Pol Listyo Sigit meninjau Pelabuhan Merak (dok. Humas Polri)

Kemudian, para pemudik akan melanjutkan perjalanannya ke Pelabuhan Merak dengan menggunakan kendaraan lain yang disiapkan secara gratis. Dari hasil kordinasi Dishub Banten dengan PT ASDP sudah ada sekitar 30 kendaraan angkutan umum untuk mengangkut para pemudik dari stasiun Cilegon ke Merak.

"Jika kurang akan ditambah menyesuaikan dengan jumlah penumpang kereta api terutama dikondisi di sana," katanya.

3. Setiap angkot yang telah disewa ada stiker khusus

Mulai 3 April, Kereta Api Merak Hanya Sampai Stasiun CilegonSejumlah penumpang kereta api terlihat berduyun-duyun turun dari gerbong dengan tujuan Kota Semarang. (IDN Times/Dok Humas KAI Daop 4 Semarang)

Penjemputan penumpang oleh angkot disesuaikan dengan jadwal kedatangan kereta api. Setiap angkot yang telah disewa oleh PT ASDP bakal dipasang stiker tanda sebagai angkutan antar jemput dari stasiun Cilegon ke Merak ataupun sebaliknya.

"Langkah antisipasi penguraian kemacetan pada Pelabuhan Penyeberangan Merak dan Bakauheni," katanya.

Baca Juga: Ajudan Eks Wali Kota Cilegon Kembalikan Rp150 Juta

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya