Protes Bau Menyengat, Warga Setop Truk Sampah Dari Tangsel

Pemerintah diminta batalkan kerja sama Kota Serang-Tangsel

Serang, IDN Times - Ratusan warga menyetop truk sampah Tangerang Selatan dan menggeruduk kantor Kelurahan Cilowong, Kecamatan Taktakan, Kota Serang, Kamis (21/10/2021). Mereka menuntut pemerintah mencabut kerjasama pengiriman sampah dari Kota Tangerang Selatan.

Perjanjian kerja sama Pemerintah Kota Serang dengan Pemkot Tangsel untuk pembuangan sampah 400 ton per hari ke TPSA Cilowong, dinilai merugikan masyarakat.

Baca Juga: Warga Kota Serang Keluhkan Bau Lindi Sampah Tangsel 

1. Warga keluhkan bau lindi sampah

Protes Bau Menyengat, Warga Setop Truk Sampah Dari TangselIDN Times/Khaerul Anwar

Warga mengeluhkan bau yang menyengat serta tetesan air lindi yang tercecer di jalan dari truk-truk pengangkut sampah yang melintas menuju Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Cilowong. Air lindi sampah itu pun mengalir ke rumah-rumah warga.

"Intinya sampah Tangsel jangan ada di sini. (Bau) kayaknya sampahnya timbunan, sampah tahunan (yang dikirim)," kata Agus Rohman, salah satu warga yang ikut demonstrasi.

2. Kiriman sampah itu dinilai berdampak buruk ke kesehatan

Protes Bau Menyengat, Warga Setop Truk Sampah Dari TangselIDN Times/Khaerul Anwar

Menurutnya, bau lindi dari sampah kiriman Tangsel ini berdampak buruk terhadap kesehatan warga membuat pusing dan sesak nafas. Terlebih, konvoi pengiriman sampah nonstop per 2 jam sekali.

"Kayanya hampir 24 jam (pengiriman),  2 jam sekali atau 3 jam. Sekali konvoi 5-6 mobil," katanya.

3. Truk yang angkut sampah Tangsel disetop warga

Protes Bau Menyengat, Warga Setop Truk Sampah Dari TangselIDN Times/Khaerul Anwar

Tak hanya menggeruduk kantor kelurahan, warga pun menyetop setiap truk yang mengangkut sampah dari Tangsel dan tak mengizinkan truk tersebut melintas. Warga juga memasang spanduk penolakan terkait pembuangan sampah ke Cilowong.

Baca Juga: Mulai Juni, Kota Serang Tampung 400 Ton Sampah dari Tangsel   

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya