Satu Lagi Pabrik Sepatu di Serang, Tawarkan Karyawan Resign Sukarela

Perusahaan klaim, pengurangan karyawan imbas resesi global

Serang, IDN Times - Produsen sepatu PT Nikomas Gemilang memangkas jumlah karyawan akibat resesi global. Namun, rupanya PT Nikomas bukan satu-satu produsen sepatu bermerek dunia di Kabupaten Serang, Banten yang mengurangi karyawan.

Melalui surat pemberitahuan dari PT Parkland World Indonesia atau PWI pun membuka pendaftaran pengunduran diri atau resign secara sukarela bagi ribuan karyawannya.

Baca Juga: Baru 1.175 Karyawan Resign Sukarela, PT Nikomas Buka Opsi PHK Massal

1. PT PWI akan kurangi 1.000 karyawan

Satu Lagi Pabrik Sepatu di Serang, Tawarkan Karyawan Resign SukarelaIlustrasi pekerja pabrik (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Dalam surat pemberitahuan yang disampaikan ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Serang disebutkan, pabrik sepatu PT Parkland World Indonesia semakin terpuruk akibat krisis global dan penurunan order cukup signifikan.

Untuk mengurangi beban perusahaan maka disepakati dengan serikat pekerja atau serikat buruh perihal program penawaran pengunduran diri. Program Pengunduran diri khusus tersebut berlaku sejak disampaikan sampai akhir Januari 2023

"Pengunduran diri karyawan tersebut bersifat sukarela dengan jumlah kuota 1.000 orang," dikutip dari surat pemeberitahuan, Jumat (13/1/2023).

2. Disnakertrans Serang benarkan rencana itu

Satu Lagi Pabrik Sepatu di Serang, Tawarkan Karyawan Resign SukarelaIlustrasi aktivitas di pabrik (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Dikonfirmasi hal tersebut, Kepala Bidang Hubungan Industri dan Jamsostek Disnakertrans Kabupaten Serang Iwan Setiawan membenarkan bahwa pihaknya telah menerima rencana pengurangan tenaga kerja oleh PT PWI. Surat pemberitahuan itu ditemrima oleh Disnakertrans Serang pada Selasa 10 Januari 2023.

Namun, ia mengaku belum tahu secara detail terkait rencana perusahaan tersebut. "Soalnya yang datang suratnya saja, jadi saya gak tahu ceritanya secara lengkap," katanya.

3. Nikomas lebih dulu kurangi 1.600 karyawan

Satu Lagi Pabrik Sepatu di Serang, Tawarkan Karyawan Resign Sukarelailustrasi. Para karyawan yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja di Sukoharjo, Jawa Tengah, pada 2019. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Diketahui sebelumnya, PT Nikomas Gemilang yang ada di Kabupaten Serang, Banten menawarkan ribuan karyawannya untuk mengundurkan diri secara sukarela. Hal tersebut, disebabkan inflasi, resesi dan penurunan order.

Dari catatan perusahaan, baru 1.175 karyawannya yang mengajukan pengunduran diri secara sukarela hingga pendaftaran ditutup pada Kamis (12/1/2023).

Baca Juga: Bantah Hengkang dari Banten, PT Nikomas Gemilang: Kami Hanya Ekspansi 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya