Tol Serang-Panimbang Belum Rampung Saat Lebaran Nanti

Bergeser dari rencana awal nih

Serang, IDN Times - Warga Kabupaten Lebak yang tinggal di Serang nampaknya bakal batal pulang kampung menggunakan jalur tol. Hal ini disebabkan, Tol Serang-Panimbang (Serpan) seksi 1 dari Serang hingga Rangkasbitung, Kabupaten Lebak belum bisa difungsionalkan pada libur Lebaran 2021.

Sejumlah pengerjaan jembatan penyeberangan atau overpass di jalur tersebut yang belum rampung.

Baca Juga: Pembangunan Tol Serang-Panimbang Seksi Satu Rampung Mei 2021

1. Rencana awal akan dibuka untuk mudik Lebaran

Tol Serang-Panimbang Belum Rampung Saat Lebaran NantiIlustrasi pembangunan (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Kepala Seksi Perservasi Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Banten Okto Ferry Silitong mengatakan, pada rencana awalnya Tol Serpan Seksi 1 memang diharapkan sudah bisa difungsionalkan sebelum Lebaran tahun ini. Meski demikian, pembukaan jalur tanpa dipungut biaya bagi pengendara yang melintas itu terancam tak bisa terlaksana.

"Untuk seksi 1 kemungkinan ada sedikit masalah. Memang rencananya sudah bisa difungsionalkan," kata Okto saat dikonfirmasi, Senin (12/4/2021).

Seperti diketahui, pengerjaan Tol Serpan dibagi dalam tiga seksi sepanjang 83,67 kilometer (km). Seksi 1, yaitu Serang hingga Rangkasbitung sekitar 26,5 km. Seksi 2 dari Rangkasbitung hingga Cileles sepanjang 24,1 km. Seksi 3 dari Cileles hingga Panimbang sepanjang 33 km.

Tol dilengkapi dengan tujuh interkoneksi simpang susun. Ketujuh akses itu terdiri atas simpang susun Petir, Cikeusal, Rangkasbitung, Cikulur, Bojong, Cileles dan Pagelaran. Tol dibangun melalui kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU). Serang-Cileles sepanjang 50,67 kilometer dikerjakan oleh badan usaha dan Cileles-Panimbang sepanjang 33 kilometer dikerjakan oleh pemerintah.

2. Sejumlah fisik bangunan belum rampung dan belum uji layak fungsi

Tol Serang-Panimbang Belum Rampung Saat Lebaran NantiPembangunan Tol Serang-Panimbang (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Dia menyampaikan, potensi Tol Serpan Seksi 1 belum bisa dibuka lantaran ada pengerjaan fisik yang belum rampung. Selain itu, untuk bisa dibuka ruas tol juga harus terlebih dahulu dilakukan uji laik fungsi.

"Tetapi melihat kondisinya mungkin ada sedikit (kendala). Jembatan penyeberangan, overpass-nya belum selesai. Belum dilakukan uji fungsi, kita harus lakukan uji layak fungsi baru di open traffic," katanya.

3. Tol ini memang tidak termasuk yang disiapkan untuk Lebaran 2021

Tol Serang-Panimbang Belum Rampung Saat Lebaran NantiDokumentasi warga/Anita

Untuk diketahui, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengumumkan ada 10 ruas jalan tol yang akan difungsionalkan di Indonesia pada Lebaran tahun ini. Sementara, Tol Serpan seksi 1 tidak masuk dalam daftar yang menjadi prioritas difungsionalkan untuk mudik.

Baca Juga: MUI Imbau Warga Kota Serang Tetap Salat Tarawih di Rumah

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya