Vaksinasi Booster di Banten Baru Bisa Dilaksanakan di 4 Daerah

Untuk lansia dan kelompok rentan bisa di seluruh daerah

Serang, IDN Times - Penyuntukan vaksinasi booster untuk lanjut usia dan kelompok rentan di Banten sudah dimulai hari ini, Rabu (12/1/2022). Vaksinasi lanjutan bagi kelompok prioritas ini bisa diakses di seluruh puskesmas dan rumah sakit umum di seluruh wilayah Provinsi Banten.

"Adapun booster ini diutamakan para lansia masyarakat rentan dimana masyarakat bisa mengakses secara gratis untuk seluruh masyarakat," kata Kepala Dinas Kesehatan Banten Ati Pramudji Hastuti saat dikonfirmasi.

Baca Juga: Besok, Dinkes Kota Tangerang Uji Coba Vaksin Booster di Puskesmas

1. Bagi usia 18-59 tahun baru bisa di empat daerah

Vaksinasi Booster di Banten Baru Bisa Dilaksanakan di 4 DaerahIlustrasi vaksinasi massal Dok. Humas Pemkot Surabaya.

Namun, untuk vaknasi booster bagi usia 18-59 tahun itu baru bisa diakses pada masyarakat yang berdomisili di empat kabupaten/kota, yakni Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Tangerang Selatan, dan Kabupaten Serang.

Sebab, disampaikan Ati, syarat daerah yang bisa melaksanakan vaksinasi booster pada usia 18-59 tahun itu harus sudah mencapai target vaksin dosis pertama 70 persen dan dosis pertama lansia 60 persen.

"Yang baru mencapai angka tersebut hanya empat kabupaten kota tersebut," katanya.

2. Empat daerah lain diminta kebut vaksinasi pertama dan kedua sehingga capai target

Vaksinasi Booster di Banten Baru Bisa Dilaksanakan di 4 DaerahPetugas medis mengecek kesehatan warga sebelum disuntik vaksin COVID-19 saat vaksinasi massal di Stadion Sanaman Mantikei, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Sabtu, 26 Juni 2021 (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)

Sementara bagi Kabupaten Lebak, Pandeglang, Kota Serang, dan Kota Cilegon belum diperbolehkan menggelar vaksinasi booster untuk masyarakat umum. Itu pun berlaku bagi vaksinasi anak usia 6-11 tahun.

"Di luar empat daerah itu diharapkan melakukan vaksinasi untuk mencapai primer satu dan dua khususnya di lansia," katanya.

3. Syaratnya, jarak suntikan dosis kedua sudah mencapai 6 bulan

Vaksinasi Booster di Banten Baru Bisa Dilaksanakan di 4 DaerahPetugas kesehatan menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada warga di Polsek Sampaga Mamuju, Sulawesi Barat, Sabtu (26/6/2021). (ANTARA FOTO/Akbar Tado)

Dia menyampaikan adapun syarat bagi masyatakat yang ingin mengikuti vaksinasi booster yakni harus sudah sudah mendapatkan vaksinasi primer secara lengkap. Dan jarak dari suntikan dosisi kedua sudah mencapai enam bulan.

"Syarat selanjutnya hanya bisa dilakukan oleh usia 18 tahun ke atas," katanya.

Baca Juga: Vaksin Booster Kota Tangerang Targetkan 104.000 Warga 

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya