Jurusan IPA-IPS Dihapus, SMA 2 Serang: Kami Sudah 3 Tahun

Para siswa diberikan empat pilihan sesuai minat

Serang, IDN Times - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) resmi menghapus jurusan IPA, IPS, dan Bahasa di jenjang SMA. Kebijakan ini mengejutkan bagi dunia pendidikan di berbagai daerah.

Namun, bagi SMA Negeri 2 Kota Serang, penghapusan jurusan IPA-IPS tersebut bukan hal baru. Pengelola sekolah yang berlokasi di Jalan Jaksa Agung R. Soeprapto, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang tersebut telah menghapus jurusan IPA-IPS sejak tiga tahun lalu.

Baca Juga: Tak Punya TPSA, Bupati Sebut Kabupaten Serang Darurat Sampah

1. Penghapusan jurusan itu menyesuaikan Kurikulum Merdeka

Jurusan IPA-IPS Dihapus, SMA 2 Serang: Kami Sudah 3 TahunIlustrasi Sekolah (IDN Times/Arief Rahmat)

Waka Bidang Kurikulum SMA Negeri 2 Kota Serang, Deny Surya Permana mengatakan, kebijakan tersebut untuk menyesuaikan Kurikulum Merdeka yang dicanangkan oleh Kemendikbudristek.

"Kalau di SMA 2 memang udah 3 tahun berjalan engga menggunakan IPA IPS," kata Deny di SMAN 2 Kota Serang, Selasa (23/7/2024).

2. Para siswa diberikan empat pilihan sesuai minat

Jurusan IPA-IPS Dihapus, SMA 2 Serang: Kami Sudah 3 TahunIlustrasi Sekolah dari Rumah (IDN Times/Arief Rahmat)

Deny menjelaskan, pasca penerapan Kurikulum Merdeka para pelajar di SMA Negeri 2 Kota Serang diberikan disajikan 4 pilihan, mulai dari pembelajaran teknik, biologi, ekonomi dan sosiologi. Hal ini diberlakukan, agar siswa dapat belajar dengan lebih maksimal dan mencapai potensi terbaik mereka.

"Jadi ini lebih ke menyesuaikan minat para pelajar. Dia yang suka kesehatan bisa belajar biologi dan sebagainya," katanya.

3. Ia mengklaim para pelajar senang metode itu

Jurusan IPA-IPS Dihapus, SMA 2 Serang: Kami Sudah 3 Tahunilustrasi pelajar(IDN Times/Mardya Shakti)

Pria yang berkepala plontos itu mengklaim, bahwa pelajar sangat menyukai Kurikulum Merdeka karena sesuai dengan minat dan bakat mereka.

"Pada awal-awal bingung, tapi sekarang enggak karena kita udah ada pengalaman, dan ini lebih diminati pelajar," katanya.

Baca Juga: Pilkada Serang, Koalisi Banten Maju Akan Usung Istri Wakil Ketua MPR

Khairil Anwar Photo Community Writer Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya