Mobil Dinas Wali Kota Serang Nunggak Pajak Hampir 5 Tahun

Mobil dinas Syafrudin selama ini gunakan pelat nomor lain

Serang, IDN Times - Kendaraan dinas milik Wali Kota Serang bernomor polisi A 1 A menunggak bayar pajak, hampir lima tahun sejak 2021. Total tagihan mencapai Rp39.155.800.

Berdasarkan laman infopkb.bantenprov.go.id, mobil dinas orang nomor satu di Kota Serang yang belum dibayarkan pajaknya bermerk Toyota Harrier, dengan jenis Jeep.

Baca Juga: Ada 271 Hektare Kawasan Kumuh di Kota Serang

1. Pemkot Serang mengakui bahwa kendaraan dinas itu menunggak pajak

Mobil Dinas Wali Kota Serang Nunggak Pajak Hampir 5 TahunIlustrasi Pajak (IDN Times/Arief Rahmat)

Saat dikonfirmasi, Kabag Umum Sekretariat Daerah Pemkot Serang, Imam Setiawan membenarkan bahwa salah satu kendaraan dinas pimpinanya memiliki tunggakan pajak ke Samsat.

"Ternyata setelah saya cek, memang ada sekitar 4 tahun dan 8 bulan belum bayar pajak ke Samsat," kata Imam kepada wartawan, Rabu (22/11/2023).

Namun, Imam mengklaim tidak ada unsur kesengajaan dalam masalah tersebut dan hanya miskomunikasi antara pejabat yang mengurus pajak saat ini dan sebelumnya.

2. Kendaraan dinas yang menunggak masih dikuasai wali kota sebelumnya

Mobil Dinas Wali Kota Serang Nunggak Pajak Hampir 5 TahunDok. Istimewa/ighaeruljaman

Ia mengatakan, hari ini Pemkot Serang segera melunasi tunggakan pajak kendaraan dinas tersebut. Saat ini pihaknya tengah mengecek fisik kendaraan di rumah mantan Wali Kota Serang, TB Haerul Jaman. Sebab, kendaraan milik Pemkot Serang itu masih dalam penguasaan Jaman.

Mobil Toyota Harrier berpelat nomor A 1 A itu bekas kendaraan dinas Wali Kota Serang sebelumnya, Tb Haerul Jaman yang rencananya akan dibeli.

"Setelah saya cek, itu dalam proses penjualan ke Pak Jaman, belum ada pembelian, statusnya masih pinjam pakai di aset," katanya.

3. Rupanya mobil dinas Syafrudin selama ini memakai pelat nomor lain

Mobil Dinas Wali Kota Serang Nunggak Pajak Hampir 5 TahunIDN Times/Khaerul Anwar

Berdasarkan pantauan IDN Times, kendaraan Toyota Land Cruiser Prado yang setiap hari digunakan Wali Kota Serang Syafrudin juga menggunakan nomor polisi A 1 A.

Padahal, pelat nomor itu tercatat milik mobil dinas Toyota Harrier yang pernah digunakan oleh mantan Wali Kota Serang Tb Haerul Jaman. Hal ini diakui juga Kabag Umum Sekretariat Daerah Pemkot Serang, Imam Setiawan. 

Sedangkan mobil dinas Toyota Land Cruiser Prado, memiliki pelat nomor lain. Namun Iman mengaku, lupa berapa pelat nomor Toyota Land Cruiser Prado.

"Yang pak Syafrudin (mobil dinas Land Cruiser Prado) ada pelat merahnya, hanya saja bukan A 1," katanya.

Diketahui, mobil dinas Toyota Land Cruiser Prado yang dibeli menggunakan APBD Kota Serang tahun anggaran 2019 sebesar Rp1,6 miliar. Sejak dibeli, mobil dinas tersebut menggunakan pelat nomor A 1 A.

Namun, Iman berdalih bahwa pelat nomor A 1 A sengaja dipasang baru-baru ini untuk disiapkan bagi Pj Wali Kota Serang, pengganti Syafrudin yang masa jabatanya berakhir pada 8 Desember 2023.

"Saya dalam rangka untuk mempersiapkan Pj Wali Kota, maka diproseslah (pelat) A 1 A- nya yang dari Pak Jaman (Toyota Harrier) ke Pj," katanya.

Baca Juga: DPRD Resmi Usulkan 3 Nama Calon Pj Wali Kota Serang

Khairil Anwar Photo Community Writer Khairil Anwar

Jurnalis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya